230310 Ponsel Merek Lokal Tetap Berkibar

JAKARTA–Ponsel merek lokal yang diimpor dari China tetap  berkibar di pasar domestik walau merek terkenal mulai membanting harga produknya.

Berdasarkan data GFK periode Januari lalu, salah satu merek lokal, HT Mobile  berhasil menduduki peringkat ke 6 secara total market dengan market Share sebesar 2 persen.

Sedangkan di antara merek lokal,  HT mobile menduduki peringkat ke dua dengan market share 11 persen. Pada tahun ini diperkirakan ada 21 juta unit ponsel yang dijual dari segala merek. Pemain utama untuk ponsel merek lokal adalah Nexian, Mixcon, HT Mobile, dan TiPhone.

“Kami bangga dengan prestasi yang diraih selama ini. Ini membuat HT Mobile tetap akan maju tahun ini,” ungkap  General Manager HT Mobile Indonesia Nuramin di Jakarta, Senin (22/3).

Diungkapkannya, pada kuartal pertama 2010, tiga produk terbaru telah diluncurkan yakni   G19, G11 dan G33. Target  70.000 unit pun dipatok untuk ketiga produk itu.

Pada kesempatan lain,  Chief Commercial Officer  SkyBee  Sung Khiun mengungkapkan, pasar merek lokal tetap tumbuh sehingga akan ada terus pemain baru berdatangan.

“Penterasi seluler tetap tinggi dan tren operator berjualan menawarkan handset bundling. Ini peluang bagi merek lokal,” katanya.

Dijelaskannya, Skybee belum lama ini menggandeng Indosat  dua buah ponsel Qwerty dengan harga terjangkau yakni varian SkyBee 80SS dan 83AT.

“Kami berencana akan  menghadirkan 10 model ponsel dengan target  600 ribu unit  terjual hingga akhir tahun ini,” katanya.

Di tahap awal,  pihaknya menargetkan 100 ribu unit. “Untuk penjualan tahap pertama, kami menyiapkan 15 ribu sampai 20 ribu unit ready stok,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Retail TiPhone Mobile David Tirtawijaya, mengungkapkan, sedang menggeber segmen mahasiswa untuk meningkatkan pangsa pasar. “Dua ponsel  seri T30 dan T28 kita tawarkan bagi mahasiswa dengan harga sesuai kantong yakni di bawah 500 ribu rupiah,” katanya.
Diungkapkannya, untuk mendekati diri ke mahasiswa, promodigelar di kantong-kantong segmen berkumpul. “Akhir pekan lalu TiPhone pameran selama dua hari. Sebanyak  4 ribu unit ponsel terjual,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s