190310 Mandala Bidik Rute Regional

JAKARTA—Maskapai swasta,  Mandala Airlines, merencanakan  membuka rute-rute
regional mulai pertengahan tahun ini setelah mendapatkan sertifikat IATA Operating Safety Audit (IOSA).

“Rute yang dibidik adalah Jakarta-Singapura, setelah itu  Malaysia, Thailand, Filipina ,dan Australia,” ungkap  CEO Mandala, Diono Nurjadin di Jakarta, Kamis (18/3).

Menurutnya, dibidiknya negara-negara itu karena  permintaan penerbangannya  sangat besar, terutama  dari segmen bisnis hingga pariwisata.

Dijelaskannya, Singapura menjadi bidikan pertama karena penumpangnya cukup banyak.
Rata-rata penerbangan ke Singapura mengangkut penumpang sebanyak 150 ribu per bulan. Sementara pertumbuhannya mencapai 23 persen per tahun.

Sedangkan di  Thailand, selain kota Bangkok ada Phuket, surga para wisatawan di negeri Gajah Putih. Di negeri tersebut, di harapkan Mandala bisa berkiprah untuk mengangkut para wisatawan baik dari Thailand ke Indonesia maupun sebaliknya.

Di Malaysia, Mandala membidik kota Kuala Lumpur. Selain untuk bisnis, segmen wisata juga terbilang cukup besar dari Kuala Lumpur. Banyak orang Malaysia ke Indonesia, karena masih memiliki ikatan persaudaraan.

Sementara untuk Australia, Diono yakin  turis asal Australia yang akan datang ke Bali cukup banyak. Karenanya, sejumlah kota juga dibidik untuk dihubungkan ke Bali.

“Rute-rute yang disasar tersebut adalah rute dengan jarak jangkau maksimal lima jam. Mandala akan menggunakan pesawat jenis Airbus A320 yang akan terus didatangkan tahun ini,” katanya.

Diungkapkannya, tahun ini akan datang antara dua hingga empat pesawat, sehingga
maksimal pesawat Mandala hingga akhir tahun menjadi 15 unit.

Sebelumnya, Garuda Indonesia mengungkapkan, meskipun rute Jakarta-Amsterdam baru dibuka 1 Juni nanti, tetapi tiket telah terjual habis.

“Bulan Juli kita sudah fully booked, sedangkan bulan Juni sudah terpesan hingga 67 persen,” ujar Direktur Niaga Garuda Indonesia, Agus Priyanto.

Menurutnya,  hal itu diluar perkiraan, mengingat pada bulan Juli, harga tiketnya sudah kembali normal yaitu  1.200 dollar AS pergi-pulang. Sedangkan pada bulan Juni, masih berlaku tiket promosi yaitu sebesar  900 dollar AS pergi-pulang.

“Penuhnya pesanan bulan Juli tersebut kemungkinan karena adanya musim liburan baik di Indonesia maupun di Belanda,” katanya.

Penerbangan Jakarta-Amsterdam ini akan dilayani Garuda dengan menggunakan pesawat Airbus A330-200 dengan kapasitas kursi 36 bisnis dan 186 ekonomi. Pesawat akan singgah di Dubai kurang lebih selama satu jam.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s