170310 UKM Harus Optimalkan TI

JAKARTA—Para pengusaha  yang berbasis koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) harus mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi (TI) untuk meningkatkan daya saingnya.

“Para pengurus koperasi atau UKM jangan alergi dengan penggunaan TI. Sekarang era informasi, jika tidak menggunakan TI sebagai salah satu  basis kompetensi, bisa kalah bersaing,” ungkap pengamat koperasi dan UKM, Thoby Mutis kepada Koran Jakarta, Rabu (17/3).

Menurutnya, jika koperasi dan UKM memanfaatkan TI dengan benar maka akan tercipta efisiensi dalam biaya operasional. Selain itu, TI bisa membuka  peluang pasar, khususnya ke luar negeri  melalui internet. “Pasar koperasi dan UKM itu banyak di luar negeri, khususnya para pengrajin. Bagaimana komunikasi dengan luar negeri jika masih takut TI,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, sedang ada wacana untuk membawa koperasi diberi ruang untuk masuk pasar modal dalam mencari pendanaan. “Kalau sudah begitu tidak bisa lagi mengandalkan sistem manual. Semua harus komputerisasi. Kalau tidak siapa yang tertarik memodali,” katanya.

Dia pun meminta para perusahaan TI untuk mendukung koperasi dan UKM melalui skema pengadaan atau pembiayaan yang murah. “Selain itu juga perlu ada pendampingan. Jangan sudah dipasang alat TI-nya ditinggal. Bagi ilmunya agar bisa optimal penggunaannya,” katanya.

Sebelumnya, Lembaga analis International Data Corporation (IDC) memprediksi salah satu komponen TI seperti  kapasitas penyimpanan data bagi  (UKM) akan meningkat antara 48-50 persen  setiap tahunnya

Berdasarkan catatan,  hingga Juni 2009, koperasi di Indonesia telah berjumlah 166.155 unit dengan  permodalan koperasi aktif yang terdiri dari modal sendiri  27,27 triliun rupiah dan modal luar  36,25 triliun rupiah dengan nilai volume usaha  55,26 triliun rupiah.

Sedangkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2009 mencatat jumlah UKM di Indonesia sebanyak 520.220 unit. Diperkirakan akan ada 600.000 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) baru pada 2010. Sementara  dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan sejak Januari 2008-Januari 2010  sekitar  17,541 triliun rupiah untuk 2,4 juta debitur.
.
Secara terpisah, VP Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia menegaskan, selama ini perseroan mendukung sepak terjang perusahaan menengah bawah melalui program  Program Kemitraan (PK). Pada Triwulan ke-4  2009 saja, Telkom telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari  41,4 miliar rupiah  kepada sebanyak 1.767 mitra binaan di seluruh Indonesia.

“Total selama 2009  dana yang digulirkan  mencapai lebih dari 153,6 miliar rupiah.

Dana tersebut didistribusikan secara nasional kepada sekitar 6.800 mitra binaan dari berbagai segmen usaha. Terhitung sejak 2001-2009,  nilai dana bergulir yang disalurkan Telkom sudah mendekati angka satu triliun rupiah.    Dana ini diambil sekian persen dari laba bersih setiap tahunnya,“ katanya.

Selain memberikan dana, perseroan juga akan mengkomersialkan portal e-Commerce Mojopia.com pada kuartal pertama 2010  untuk wadah transaksi jual beli online. Portal ini bisa melayani 1.000 penjual dengan 100 ribu barang dagangan.

Para pelaku bisnis UKM  bisa memanfaatkan portal milik Telkom untuk menjajakan barang dagangan, seperti kerajinan, elektronik, produk fesyen, peralatan otomotif, perlengkapan kesehatan dan kecantikan, hingga keperluan bayi.

“Telkom pada awal tahun ini juga merestrukturisasikan organisasinya dengan membentuk divisi khusus untuk menggarap segmen small and medium enterprise (SME) tersebut. Tingginya pertumbuhan di segmen UKM ini dan kesiapan portfolio produk Telkom yang didukung oleh grup perusahaan, menjadi alasan Telkom untuk serius menggarap segmen SME,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s