050310 Telesindo Shop Realisasikan IPO

JAKARTA—PT Telesindo Shop berjanji untuk merealisasikan rencana penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada semester kedua tahun ini untuk mendukung ekspansi perseroan di masa mendatang.

“Jika tidak ada aral melintang realisasi dari IPO itu akan terjadi pada Agustus atau September tahun ini. Sekarang dalam tahap persiapan,” ungkap  Presiden Direktur Telesindo Shop Hengky Setiawan, kepada Koran Jakarta, Kamis (4/3).

Telesindo Shop selama ini dikenal sebagai distributor produk seluler di tanah air khususnya dari Telkom grup.  Saat ini Telesindo shop telah menjadi salah satu distributor channel papan atas dengan jumlah outlet lebih dari 500 buah di seluruh Indonesia  yang didukung tiga ribu  karyawan.

Berdasarkan catatan, tiga tahun lalu omzet dari perusahaan ini mencapai angka  3 triliun rupiah. Belum lam ini majalah bisnis berbahasa Inggris memperkirakan nilai pasar dari Telesindo Shop mencapai 40 miliar dollar AS hanya dari penjualan produk seluler (voucher dan kartu perdana).

Pada Januari lalu, perusahaan ini mengembangkan sayap menjual merek ponsel China yang dilabeli TiPhone. Omzet dari produk ini lumayan menjanjikan atau sekitar 50 miliar rupiah dengan penjualan sekitar 100 ribu unit per bulan.

“Saat ini pendanaan berasal dari kantong sendiri dan hutang bank. Kami ingin agresif dalam beberapa tahun mendatang, khususnya untuk mengembangkan TiPhone,” jelasnya.

Diungkapkannya, perseroan saat ini sudah menguasai 50 persen dari kapasitas produksi satu pabrik di Shenzen, China, untuk mengembangkan TiPhone. “Kami menguasai 15 line produksi pabrik itu. Belum lagi tahun ini kita menargetkan ada 100 ribu reseller untuk TiPhone, ini butuh dana besar,” jelasnya.

Menurutnya, ekspansi ke ponsel dilakukan karena tren dari industry telekomunikasi berubah mengingat pasar lokal menuju tingkat maturasi.  “Salah satu cara mendorong pendapatan bagi operator adalah menawarkan
ponsel bundling tidak hanya menjual kartu perdana. Kami melihat ini sebagai peluang dan dimanfaatkan sebelum diambil orang lain,” katanya.

Jika Telesindo Shop merealisasikan rencana IPO, berarti di bursa perseroan merupakan distributor kedua yang mencatatkan sahamnya di pasar modal. Perusahaan pertama adalah Trikomsel dengan merek dagang OkeShop pada tahun lalu.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s