020310 Program Bonus Suara Tidak Efektif

JAKARTA—Program bonus suara yang diberikan oleh operator dengan jumlah pelanggan minim dinilai tidak efektif dan cenderung menipu pelanggan.

“Jika program bonus suara hanya diberikan ke sesama pelanggan yang jumlahnya di bawah 10 juta nomor, itu tidak efektif dalam mengakuisisi pelanggan baru. Ini karena pola komunikasi lebih banyak dilakukan ke lintas operator,” ungkap Praktisi Telematika Bayu Samudiyo kepada Koran Jakarta, Senin (1/3).

Menurutnya, pelanggan operator kecil lebih membutuhkan komunikasi terjangkau untuk  lintas operator ketimbang gratis ke sesama pelanggan tetapi dengan syarat yang berat.

“Banyak operator yang menawarkan gratis bicara itu setelah melewati syarat tertentu. Jika dihitung sebenarnya tidak gratis lagi, malah menaikkan pendapatan si operatorr,” katanya.

Disarankannya, melihat  trafik komunikasi dari pelanggan di Indonesia sebesar 40 persen masih didominasi oleh SMS, ada baiknya operator kecil bermain dengan jasa tersebut ketimbang memaksakan diri menawarkan bonus suara tetapi malah merugikan diri sendiri karena pelanggan bisa kecewa dengan syarat yang diberikan.

“Jasa SMS masih bisa diakali walau ada larangan SMS gratis lintas operator. Baiknya mainkan ini saja,” katanya.

Untuk diketahui, dua operator, Esia dan Axis, belum lama ini menawarkan program bonus bicara ke pelanggannya. Esia menawarkan program “Ganas” atau gratis nelpon nasional ke sesama pelanggan Esia dengan syarat pelanggan memiliki pulsa sebesar 50 ribu rupiah.

Sedangkan Axis menawarkan bonus bicara ke semua operator tanpa perlu  perlu registrasi dan biaya tambahan, tetapi pelanggan harus mengisi ulang pulsa dalam denominasi tertentu. Saat ini Esia memiliki 10,5 juta pelanggan, sedangkan Axis sekitar 6 juta pelanggan.

Chief Marketing Officer Axis Johan Buse menegaskan,  penawaran baru dilakukan   untuk mengutamakan keterjangkauan dan memberikan nilai lebih dari yang sudah dibayarkan oleh para pelanggan. “Kebutuhan pelanggan ada di layanan suara, itu coba kami sesuaikan dengan produk,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s