010310 Telkom Beli Admedika Rp 128,25 Miliar

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya membeli  75 persen saham PT Administrasi Medika (AdMedika) senilai 128,25 miliar rupiah melalui  anak usahanya  PT Multimedia Nusantara atau Metra guna mewujudkan pembentukan    Indonesia Insurance Shared Service Platform (InSureNet)

InSureNet adalah sebuah platform layanan  untuk sektor asuransi, dimulai dari infrastruktur Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung e-Health dan seluruh asuransi e-Claim Nasional.

“Penandatanganan akta Jual Beli telah dilakukan pada 25 Februari 2010  antara Metra dengan pemilik AdMedika,” ungkap VP Public Relations and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia di Jakarta, Minggu (28/2).

Dikatakannya, terealisasinya aksi korporasi ini membuat  Telkom melalui Metra berhak melakukan kendali secara penuh terhadap AdMedika.

AdMedika sendiri  perusahaan PMA yang bergerak di bidang Electronic Health Care Network yang merupakan third party administrator (TPA) dalam mengkombinasikan aplikasi proses klaim dan layanan data online antara pemegang polis dengan layanan administrasi asuransi kesehatan.

Jenis layanan yang diberikan oleh AdMedika adalah menyediakan kartu kepesertaan elektronik, pengelolaan data klaim secara online, verifikasi klaim, melakukan monitoring pengiriman tagihan dari penyedia layanan kesehatan, monitoring kasus rawat inap yang dilakukan oleh ahli dan tenaga medis dan paramedis yang profesional.

AdMedika yang didirikan 8 Januari 2002 merupakan market leader untuk layanan TPA dengan memiliki 1,2 juta pemegang polis,  memiliki client lebih dari 30 perusahaan asuransi dan 717 rumah sakit, klinik, puskesmas dll.

Sebelumnya, pembelian AdMedika  diperkirakan mencapai 100-150 miliar rupiah dengan  pendanaan diambil dari belanja modal Telkom 2010 senilai 2 miliar dollar AS. Sedangkan  untuk akusisi, tahun ini Telkom menyiapkan dana sebesar satu triliun rupiah.

Pada tahun 2009, Metra  juga telah menyelesaikan akuisisi 49 persen saham Infomedia milik Elnusa  dalam rangka pengendalian penuh Infomedia oleh  Telkom grup  sehingga pengembangan bisnis Infomedia di bisnis Call Center & Directory Services dan Business Process Outsourcing (BPO) dapat lebih maksimal.

Metra  juga telah membentuk anak usaha PT Metranet  yang fokus dalam pengembangan portal bisnis dengan brand name Mojopia.

Berdasarkan catatan, pada tahun lalu Telkom juga melakukan CSPA dengan Indonesian Tower melalui anak usaha Mitratel. Sayangnya, aksi jual-beli itu gagal dan Telkom memilih berkonsentrasi men-spin off 10 ribu menara milik Telkomsel ke Mitratel

Direktur Utama Metra Alex Sinaga  mengatakan,  akuisisi ini dapat dipandang sebagai wujud nyata dukungan Telkom untuk mendorong pengembangan bisnis BPO layanan kesehatan (E-Health) di Indonesia melalui penyelenggaraan layanan kesehatan yang terintegrasi, efisien dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, industri jasa pelayanan kesehatan dan industri asuransi.

Menurut Alex,  industri BPO E-Health di Indonesia diperkirakan mempunyai 10 juta anggota di mana AdMedika mempunyai market share 12 persen  atau 1,2 juta anggota.

Alex mengharapkan,  langkah akuisisi ini  mampu memberikan sinergi value yang optimal bagi induk usaha  dengan mengoptimalkan sinergi bersama Sigma dalam integrasi services, Infomedia dalam layanan anggota melalui Contact Center Outsourcing, Finnet  sebagai E-payment gateway, dan Mojopia dalam memberikan layanan one stop online healthcare service portal.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s