180210 Kajian SLI Tunggu Kinerja BTEL

JAKARTA—Regulator akan menuntaskan kajian tentang penambahan kode akses Sambungan Langsung Internasional (SLI) berbasis clear channel menunggu laporan dari Bakrie Telecom (BTEL) setelah dioperasikannya kode akses 009 selama satu tahun.

“Kita akan lihat permintaan pasar terhadap SLI dengan mengaji perubahan pangsa pasar setelah hadirnya 009 oleh BTEL,” jelas Anggota Komite BRTI Nonot Harsono kepada Koran Jakarta, belum lama ini.

Menurut Nonot, regulator bisa saja menambah pemain SLI berbasis clear channel, apalagi sudah ada dua perusahaan yang mengajukan proposal secara resmi yakni PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT Natrindo Telepon Seluler (NTS).

“Tetapi harus ada kajian dampak pasarnya. Apa benar kebutuhan SLI itu masih besar. Apalagi BTEL belum beroperasi setahun. Karena itu kita perlu menunggu kinerja kode akses 009 milik BTEL. Signifikan tidak, setelah ada BTEL terjadi kompetisi atau malah tidak ada perubahan di pasar,” katanya.

BTEL sendiri sejauh ini belum bisa mengungkap trafik SLI 009 karena laporan keuangan perseroan untuk 2009 belum diaudit. Selain BTEL, pemain SLI lainnya adalah Telkom dan Indosat.

Nonot mengungkapkan, jika nantinya akan ada pemain baru maka kode akses yang terbuka untuk dipakai adalah 002, 003, 004, 005, atau 006. “Nanti XL atau NTS tinggal pilih nomor hokinya yang mana,” katanya.

Nonot pun menegaskan, regulator tidak akan melakukan kesalahan masa lalu dimana membiarkan dua kode akses dikangkangi oleh satu operator layaknya Indosat dengan 001 dan 008. “Itu pemborosan kode akses dan investasi. Perusahaan pun harus keluar biaya besar untuk membangun citra produk. Negara pun tidak mendapat apa-apa walau dua kode akses dikangkangi,” ketusnya.

Sebelumnya, Kemenkominfo berjanji akan menjaga  liberalisasi di industri telekomunikasi agar kompetisi sehat tetap berjalan. Salah satunya adalah dengan menambah pemain di SLI berbasis clear channel karena dinilai pasar di segmen tersebut masih oligopoli.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s