110210 BTEL Harus Jaga Layanan Konten

JAKARTA—Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta PT   Bakrie Telecom Tbk (BTEL) untuk menjaga layanan konten Value Added Services (Vas) agar tidak merugikan pelanggannya.

“Konten itu memang disediakan oleh pihak ketiga, tetapi operator sebagai pemilik pelanggan tidak bisa lepas tangan jika ada konten yang merugikan pelangganya,” ujar Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi kepada Koran Jakarta, Rabu (10/2).

Heru diminta komentarnya terkait diluncurkannya  Esia TTM (Telusur Teman Mu) oleh BTEL beberpa waktu lalu. Layanan ini memugkinkan pelanggan melakukan   jejaring sosial melalui  suara dan SMS. Pelanggan ditawarkan mencari teman secara acak. Konsep ini dikhawatirkan memunculkan prostitusi secara online atau pelecehan seksual yang mulai marak belakangan ini.

‘Saya tahu teknologi itu kemajuannya tidak bisa ditahan, tetapi sebagai operator jika nanti ada kejadian, BTEL tetap harus bertanggungjawab karena media yang digunakan adalah jaringannya. Dari sekarang diwanti-wanti agar menjaga layanan semacam ini kemurniannya,” tegasnya.

Heru pun mengungkapkan, untuk SMS Premium yang tidak memerlukan teknologi tinggi saja, pemilik merek dagang Esia itu kedodoran menjaga kenyamanan pelanggannya. Hal itu terbukti dari adanya keluhan pelanggan yang sulit menghentikan langganan satu konten. “Setiap isi ulang, pulsa pelanggan tersedot. Pelanggannya sudah lapor ke kami. Ini akan diproses,” katanya.

BTEL sendiri melalui keterangan resminya menegaskan TTM diluncurkan karena konten   mencari jodoh di internet sangat marak.  Berkaitan maraknya   maraknya prostitusi di dunia online, Wakil Direktur Utama Bidang Pemasaran Bakrie Telecom Erik Meijer menegaskan,   bukan tanggung jawab penyedia layanan namun menyangkut urusan personal.

“Esia TTM tidak bisa mencegah apa yang akan dilakukan tiap orang yang chat, kenal dan kemudian bertemu, karena memang tujuan fitur ini adalah menghubungkan teman,” ujarnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s