050210 Garuda Tambah Pesawat

JAKARTA—Maskapai nasional, Garuda Indonesia, berencana untuk menambah  sebanyak 23 pesawat baru jenis  Boeing 737-800 Next generation dan satu Airbus A330-200 pada tahun 2010 guna mendukung ekspansi ke rute domestik dan internasional.

“Pesawat yang akan datang pada tahun ini merupakan bagian dari  50 unit Boeing 737-800 Next Generation yang di pesan oleh perseroan dalam jangka waktu lima tahun ke depan,” jelas Direktur Utama  Garuda Indonesia Emirsyah Satar melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (4/2).

Dikatakannya,  pesawat – pesawat tersebut akan dilengkapi dengan interior terbaru dengan TV LCD layar sentuh pada setiap kursi di kelas bisnis dan kelas ekonomi dengan “Audio & Video on Demand (AVOD) entertainment systems” yang menawarkan 25 feature film and 25 audio tracks.

”Pada tahun ini Garuda berencana menambah 10 rute baru di domestik dan internasional, selain menambah frekuensi pada rute penerbangan ke  Singapura dan Hong Kong,” katanya.

Emirsyah mengungkapkan, pada 2014 nanti Garuda akan meningkatkan jumlah penerbangan domestik hingga 150 persen menjadi 2,072 penerbangan per minggu dan peningkatan penerbangan internasional menjadi tiga kali menjadi 1,222 penerbangan per minggu hingga 2014.

Garuda Indonesia juga merencanakan untuk melipat-gandakan jumlah pesawatnya dari 67 pesawat saat ini menjadi 116 pesawat selama lima tahun ke depan dengan tulang punggung pesawat Boeing 737-800 Next Generations dan A330-300/200 yang akan dioperasikan pada rute jarak pendek dan menengah.. Garuda Indonesia juga akan memperkenalkan 10 Boeing 777-300ER pada penerbangan jarak jauh mulai tahun 2011 sebagai bagian rencana ekspansi pada rute internasional.

”Pada tanggal 1 Juni 2010 Garuda  akan membuka penerbangan setiap hari non-stop rute Jakarta – Dubai – Amsterdam. Amsterdam akan menjadi kota pertama yang akan diterbangkan selain kota kota lainnya di Eropa yaitu Frankfurt, Paris, London dan Roma yang akan dilayani Garuda Indonesia sebagai bagian dari ekspansi-nya di rute internasional dalam lima tahun ke depan,” jelasnya.

Rencananya, rute penerbangan Amsterdam  awalnya akan dilayani dengan pesawat canggih Airbus 330-200 Garuda Indonesia dengan disain interior dan exterior baru yang diinspirasikan oleh semangat dan energy “nature’s wing”. Nantinya rute penerbangan ini akan dilayani secara nonstop dari Jakarta ke Eropa dengan Boeing 777-300ER setelah kedatangannya pada tahun 2011.

Berikutnya Emirsyah mengungkapkan, Garuda   juga telah melaksanakan “refurbish” atas enam pesawat Airbus 330-300 yang dimilikinya dengan fasilitas interior dan eksterior baru termasuk “full lie-flat beds” pada kelas bisnis dan “Video on Demand system”. Pelaksanaan refurbish ini akan selesai pada tahun 2010 ini dan pesawat dengan penampilan baru ini akan melayani beberapa rute internasional ke Australia, Korea dan Jepang.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s