260110 Ponsel China Gerus Merek Terkenal

JAKARTA—Penjualan ponsel merek China secara signifikan mulai menggerus merek-merek terkenal. Saat ini penjualan ponsel China telah berbanding sama dengan dengan keluaran merek terkenal di sentra-sentra ponsel.

“Jika berjalan ke sentra-sentra ponsel, perbandingan penjualan ponsel China dan merek terkenal  sudah 50:50. Kunci dari adanya peningkatan penjualan adalah segmen pasar yang disasar kalangan menengah bawah. Hal itu bisa dilihat dari harga ponsel di bawah satu juta rupiah dengan design QWERTY,” ungkap Presiden Komisaris PT TiPhone Mobile Indonesia Hengky Setiawan di Jakarta, akhir pekan lalu

Dijelaskanya, implementasi dari Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) tidak memberikan pengaruh bagi pemilik merek China karena selama ini Bea Masuk sudah 0 persen. “Kami hanya membayar PPN dan PPh. Itu hal yang lumrah,” katanya.

Menurutnya, ada dua kunci agar produk China bisa bertahan, yakni branding dan service center. “Kedua hal itu harus dijaga, jika tidak akan ada seleksi alam yang menggusur para pemain. Bagi yang berkarakter “kapal selam” alias muncul-hilang, itu umurnya tidak lama,” jelasnya.

Dia optimistis, pada tahun ini penjualan ponsel China akan semakin menggurita, apalagi dukungan dari operator besar terlihat sangat konsisten. “Dua operator yang sangat mendukung penjualan ponsel China yaitu Telkom grup dan XL. Ini karena keduanya menyadari segmen pasar yang digarap sama dengan ponsel China,”jelasnya.

Diungkapkannya, salah satu bentuk kerjasama yang dijalin dengan Telkom Grup adalah melalui  TiPhone T68 yang menggabungkan  layanan GSM Telkomsel dan CDMA Flexi.

“Kami  menargetkan penjualan hingga 20.000 unit yang disiapkan, dengan target maksimal mencapai 50.000 unit yang difokuskan pada penjualan di wilayah Jabotabek dan Jawa,” ungkapnya.

Optimisme target ini, dikatakan Hengki, selain didukung dengan produk berkualitas, TiPhone juga memiliki jaringan distribusi yang cukup luas, sekira 500 outlet di 128 kota, yang termasuk dalam jaringan retail Telesindo. Telesindo sendiri saat ini tercatat sebagai distributor terbesar produk kartu seluler Telkomsel dan Telkom.

“Bagi Telesindo, kehadiran TiPhone cukup penting untuk memperkuat posisi Telesindo sebagai One Stop Shopping di Industri telekomunikasi,” lanjut Hengki.

Diungkapkannya, pada 2009 telah menjual merek Tiphone dalam jumlahsekitar 30 ribu unit. “Pada tahun ini  diharapkan penjualan naik tiga kali lipat.  Target saya mengantar  TiPhone di tangga posisi lima besar ponsel China di Indonesia, selain Nexian, HT Mobile, dan Micxon,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s