250110 Mandala Dinilai Langgar UU Perlindungan Konsumen

JAKARTA—Maskapai penerbangan nasional, Mandala Airlines, dinilai melanggar UU Perlindungan Konsumen karena membatalkan secara sepihak penerbangan rute Jakarta-Padang selama pertengahan hingga akhir Februari nanti.

“Tindakan Mandala membatalkan penerbangan itu bertentangan dengan UU Perlindungan Konsumen, khususnya tentang iklan pada konsumen,” tegas Anggota Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo kepada Koran Jakarta, Minggu (24/1).

Dikatakannya, dalam regulasi tersebut secara tegas disebut produsen harus memberikan janji sesuai iklan yang diberikan. “Jika ada pembatalan penerbangan itu, berarti jelas sekali ada pihak yang ingkar. Regulator penerbangan harus memberikan peringatan kepada maskapai tersebut,” katanya.

Dia meminta, selain Mandala memberikan ganti rugi pengembalian uang tiket, jugamemberikan jalan keluar bagi calon penumpang dengan mencarikan maskapai lainnya untuk ke Padang. “Itu baru namanya bertanggungjawab,” tegasnya.

Untuk diketahui, Mandala pada Jumat (22/1) menginformasikan ke para calon penumpangnya yang telah membeli tiket rute Jakarta-Padang selama pertengahan Februari terjadi pembatalan keberangkatan dengan alasan operasional.

Salah seorang penumpang, Tiara (25) mengatakan, rencananya untuk menggunakan Mandala dengan penerbangan RI 088 dan RI 089 yang berangkat 13 Februari (Jakarta) dan pulang 14 Februari (padang) dibatalkan secara sepihak oleh maskapai tersebut. “Saya telpon customer service (CS) Mandala alasannya kendala operasional. Mereka berjanji akan mengembalikan semua uang pembelian tiket,” katanya.

Diungkapkannya, berdasarkan informasi yang diberikan (CS), pembatalan berlaku untuk penerbangan hingga 25 Februari. Baru pada 1 Maret 2010 ada penjualan tiket kembali ke Padang. “Ini jelas memberikan kerugian karena harga tiket maskapai lainnya lebih mahal karena berdekatan dengan jadwal keberangkatan,” sungutnya.

Secara terpisah, Direktur Angkutan Udara Kementrian Perhubungan Tri S Sunoko mengatakan, tindakan Mandala tidak menyalahi KM 25/2008, baik untuk pembatalan atau pengembalian uang tiket.. “Jika pemberitahuannya lebih awal ke ke pemerintah dan pengguna jasa tidak ada yang salah. Apalagi jika alasannya demi keselamatan karena ada perbaikan pesawat,” katanya.

Sementara Juru bicara Mandala Trisia Megawati ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat sejak Jumat lalu enggan memberikan komentar. Pesan singkat yang dikirimkan sebanyak dua kali tidak direspons oleh eksekutif tersebut.

Sedangkan kabar beredar mengatakan, Mandala mengambil langkah menghentikan penerbangan karena armada yang digunakan untuk rute tersebut menjalani perawatan di bengkel. Dalam situsnya, maskapai ini hanya membuka satu kali penerbangan untuk rute Jakarta-Padang.  Saat ini Mandala  memiliki sebanyak 11 unit armada  dengan tipe Airbus A-319 dan A-320. pada tahun ini rencananya akan ada penambahan  4-6 unit pesawat Airbus 320.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s