160110 Garuda Beli Kembali Surat Berharga

JAKARTA— Sebagai tindak lanjut proses restrukturisasi Floating Rate Notes (FRN) yang jatuh tempo pada tahun 2007 (sisa/outstanding saat ini senilai US$ 115,680,216 dan Rp146,514,496,000), yang dilaksanakan melalui Dutch Auction pada tanggal 11 Januari 2010 lalu di Singapura, dimana 99,2 persen pemegang surat berharga atau noteholders yang hadir pada saat itu memberikan persetujuan (extraordinary resolution) terhadap program restrukturisasi yang dilaksanakan, maka pada hari lalu (13/01), Garuda Indonesia (Garuda)  telah memenangkan tender/penawaran sekitar  45 juta dollar AS dari notes tersebut dengan nilai pembelian sebesar  25 juta dolllar AS. Nilai tersebut merupakan 56 persen dari nilai pokok surat berharga.

Dalam restrukturisasi yang dilaksanakan, Garuda  dibantu oleh Rothschild & Son Limited sebagai “restructuring advisor”’ K&L Gates LLP sebagai penasehat hukum internasional, dan Wiriadinata & Saleh sebagai penasehat hukum Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar melalui keterangan tertulisnya mengatakan,  akan melaksanakan pembayaran kepada para pemenang tender pada tanggal 21 Januari 2010, dan hal tersebut berarti bahwa setelah dilaksanakan pembayaran maka surat berharga yang telah dibeli tidak akan berlaku lagi.

”Aksi korporasi ini  berhasil mengurangi hutang Garuda  sebesar 45 juta dollar AS. Dalam kaitan dengan proses restrukturisasi surat berharga yang akan diperpanjang masa jatuh temponya hingga Januari 2018, maka neraca keuangan  Garuda Indonesia akan mengalami penguatan secara signifikan,” katanya.

Dijelaskannya, Garuda  saat ini merencanakan untuk melaksanakan penawaran serupa kepada para perusahaan pemberi pinjaman pembelian pesawat (lease financing for aircraft) dengan nilai pembelian hingga sebesar 11 juta dollar AS.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s