120110 Smart Bidik 32 Kota Dilayani Rev B

JAKARTA–Operator seluler berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA), PT Smart Telecom (Smart), membidik 32 kota di Indonesia akan dilayani teknologi  Evolution Data Only (EVDO) Rev B pada akhir tahun nanti.

EVDO Rev B merupakan pengembangan dari jaringan EVDO Rev A yang menawarkan kecepatan maksimum 9,3 Mbps untuk mengunduh data (download) dan 5,4 Mbps untuk mengunggah (upload).

Sedangkan EVDO Rev A  menawarkan  kecepatan maksimum  3,8 Mbps untuk download dan 1,8 untuk upload. Saat ini EVDO Rev B telah dikomersialkan di sebagian Bali oleh Smart pada Minggu (10/1). Rencananya hingga kuartal pertama 2010, seluruh area Bali akan terjangkau oleh Rev B.

Smart mengklaim Rev B miliknya bisa menghadirkan kecepatan maksimum 9,3 Mbps untuk download  dan 5,4 Mbps untuk upload.  Rencananya kemampuan itu akan ditingkat menjadi 14,7 Mbps untuk download.

“Kota yang akan dijangkau oleh Rev B untuk seluruh Indonesia itu adalah area yang sebelumnya telah dijangkau oleh Rev A. Ini tinggal upgrade software  untuk base station (BTS) milik ZTE dari China,” ungkap Head of Core Product and Branding Smart Ruby Hermanto, ketika dihubungi Koran Jakarta, Senin (11/1).

Dijelaskannya, Bali sengaja  dipilih sebagai tempat peluncuran pertama EVDO Rev B di dunia  karena wilayah ini   merupakan gerbang Indonesia di mata dunia internasional.

Division Head of Device Technology and Special Project Tom Alamas Dinharsa mengungkapkan, jika pelanggan ingin merasakan teknologi Rev B, telah tersedia modem untuk inovasi tersebut dari ZTE   dengan harga  450 ribu rupiah per bulan selama setahun. Biaya pembelian ini sudah termasuk biaya akses tanpa batas selama setahun.

“Harga yang   kami tawarkan termasuk murah. Harga asli modem Rev B ini masih mahal sekitar   600 dollar AS atau hampir  6 juta rupiah,” jelasnya.

Dijelaskannya, bagi Smart kehadiran teknologi Rev B untuk melengkapi produknya dalam menawarkan akses data yang ingin membidik semua segmen pasar. “Kami ingin bermain di semua segmen untuk akses data. Teknologi CDMA 1x diberikan bagi early adopter. EVDO untuk mereka yang mulai merasakan nikmatnya berinternet. Sedangkan Rev B ini untuk kelas Premium, karena itu harganya lumayan tinggi,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Smart memiliki 2,17 juta pelanggan. Sebanyak 330 ribu diantaranya merupakan pelanggan aktif berselancar di dunia maya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s