120110 Pemain Konten Lokal Harus Lebih Aktif

JAKARTA–Para pemain konten lokal untuk industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diminta lebih aktif mengoptimalkan infrastruktur broadband internet yang telah dibangun operator untuk memajukan perekonomian.

“Para operator telah membangun jalan raya informasi. Para pemain konten lokal harus memanfaatkan itu, sebelum diambil oleh pemain luar negeri,” kata Staf Ahli Menkominfo  Bidang Ekonomi dan Kemitraan Aizzirman Djusan di Jakarta, Senin (11/1).

Menurutnya, kekuatan Indonesia untuk TIK saat ini adalah pada kreatifitas dimana ladangnya ada pada bisnis konten. “Kreatifitas itu dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Jika ini berjalan, bisa menggerakkan ekonomi,” katanya.

Country Director Qualcomm Indonesia Harry K Nugraha menambahkan, layanan internet akan bertumbuh pesat di Indonesia.

“Layanan konten nanti akan sangat dibutuhkan. Nanti akan banyak konten yang diunggah atau diunduh melalui internet, terutama yang bersifat User Generated Content,” katanya.

Secara terpisah, Vice President Public & Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengungkapkan, sebagai salah satu penguasa infrastruktur internet, perseroan  memang ingin mendukung kreator lokal bermain di industri konten. Salah satunya adalah konten games.

”Indonesia terkenal dengan kreativitasnya, termasuk dalam hal kreasi game. Banyak pengembang games hasil ciptaan orang Indonesia justru digunakan di luar negeri. Karena itu kami sediakan konten games untuk pelanggan Speedy,” katanya.

Dijelaskannya,  Speedy Games merupakan bentuk keseriusan Telkom dalam menggarap bisnis Telecommunication, Information, Multimedia dan Edutainment (Time) di Indonesia.

Untuk memperkenalkan layanan  yang menawarkan 130 games  hasil kerjasama dengan Valve itu diadakan event Speedy Games Championship di Bandung.

Event ini juga akan berlangsung di kota-kota besar lainnya seperti Jogyakarta, Surabaya, Medan, Makasar dan Balikpapan yang dimainkan melalui akses internet cepat Speedy.

“Saat ini sekitar 20 persen dari total satu juta  pelanggan Speedy,  menggunakan akses Speedy untuk bermain game online. Kami mengharapkan pada akhir tahun nanti pelanggan Speedy bisa berjumlah 2,2 juta pelanggan,” katanya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s