311209 Spektrum 2,5 GHz Dikaji untuk Teknologi Netral

JAKARTA—Pemerintah sedang mengaji untuk jangka panjang spektrum frekuensi 2,5 GHz digunakan untuk teknolgi netral.

Selama ini spetrum tersebut digunakan untuk penyiaran oleh Media Citra Indostar (MCI) dengan penguasaan alokasi sebesar 150 MHz. Pemanfaatan spektrum 2,5GHz untuk penyiaran di dunia hanya dilakukan oleh Indonesia dan Iran. Negara lainnya menggunakan spketrum tersebut untuk teresterial.

“Teknologi terus berubah. Ketika ditetapkan untuk penyiaran belum ada teknologi baru. Sekarang spektrum itu bisa digunakan untuk teresterial, kita terbuka mengakomodasinya,” ungkap PLT Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar di Jakarta, Rabu (31/12).

Berdasarkan kesepakatan di World Radiocommunication Conference 2000 (WRC) telah dinyatakan frekuensi 2,5 GHz  dialokasikan untuk teristerial baik itu  pengembangan 3G atau WiMAX

Dikuasainya frekeunsi oleh penyiaran membuat  Biaya Hak Penyelenggaraan (BHP) menjadi murah  yakni sekitar 50 juta rupiah per transponder. Sedangkan pelanggan TV berbeayar yang bisa dilayani maksimal  500 ribu jiwa. Sedangkan jika diberikan untuk akses teresterial bisa dinikmati oleh 10 juta pelanggan.

Basuki menegaskan, langkah menata ulang frekuensi terbuka dilakukan oleh regulator karena sudah pernah dilakukan untuk teknologi 3G di spektrum 2,1 GHz. “Itu bisa kita lakukan jika bagi negara menguntungkan. Saya rasa penguasaan 150 MHz oleh MCI memang besar jika melihat kondisi sekarang. Apalagi ada kisruh kepemilikan setelah terjadi pemindahan kepemilikan satelit Indostar II baru-baru ini,” katanya.

Untuk diketahui, belum lama ini SES World Skies (SES) membeli satelit Indostar II dari  PT Protostar seharag 185 juta dollar AS.  Indostar II selama ini digunakan oleh  operator televisi berbayar MCI untuk melayani pelanggan Indovision.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s