301209 Depkominfo Bantah Dana PSO Disalahgunakan

JAKARTA–Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) membantah dana Public Service Obligation (PSO) disalahgunakan oleh dua lembaga penerimanya yakni Perum LKBN Antara dan PT Pos Indonesia (Pos).

Bantahan dikeluarkan Depkominfo terkait buku George Junus Aditjondro yang menyebut dana PSO milik PT Pos dan Antara mengalir untuk pemenangan politik calon presiden saat kampanya 2009.

“Saya belum membaca buku Gurita Cikeas yang sedang heboh sekarang ini. Tetapi bisa dikatakan jika ada yang bilang dana PSO disalahgunakan itu tidak benar,” tegas Menkominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, Selasa (29/12).

Kepala Badan Informasi Publik (Ka BIP) Freddy H Tulung menambahkan, bentuk dana PSO yang digelontorkan ke Antara dalan rangka penugasan dan pembayaran menggunakan pola reimburcement.

“Jadi untuk setiap proyek yang telah dikerjakan oleh Antara baru dikeluarkan pembayaran. Pembayaran berdasarkan bukti tayang berita,” katanya.

Ditegaskannya, secara administratif pembayaran dilakukan setelah melalui verifikasi oleh pihak ketiga dengan melihat kwitansi pengeluaran. Melihat skema yang diterapkan tidak mungkin dana itu dipakai untuk pihak lain,” tegasnya.

Dana PSO yang digelontorkan untuk Antara pada 2008 sebesar 40,8 miliar rupiah, 2009 (Rp 50 miliar), dan 2010 (Rp 65 miliar).

Sekjen Depkominfo/PLT Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar mengungkapkan, dana PSO yang dialokasikan untuk PT Pos adalah guna membiayai kantor-kantor cabang di kecamatan.

“Penggunaan dan pembayarannya pun diverifikasi oleh pihak ketiga. Rasanya tidak mungkin dana itu nyasar kemana-mana,” tegasnya.

Dana PSO yang dimiliki oleh PT Pos untuk tahun ini sebesar 120 miliar rupiah dan tahun depan sekitar 150 miliar rupiah.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s