241209 CSL Kaji Buka Pabrik di Indonesia

JAKARTA—Penyedia ponsel merek lokal, CSL, mengaji rencana untuk membuka pabrik atau perakitan ponsel di Indonesia karena melihat tingginya peluang produknya laris di pasar.

“Kami memang punya rencana untuk bangun pabrik di Indonesia, minimal pusat perakitanlah. Selama ini kami masih memproduksi di China. Hal ini karena 20 persen dari total perkiraan 40 juta ponsel impor dikuasai ponsel China dengan merek lokal,” ungkap Marketing Manager CSL Indonesia Ronnie di Jakarta, Rabu (23/12).

Diungkapkannya, sejak berada di Indonesia tahun ini perseroan telah menggelontorkan dana sebesar 100 ribu dollar AS untuk  mendirikan kantor pusat di Jakarta dan membuka 30 service center di sejumlah daerah bersama distributor Astech.

“Kami juga telah mulai menggandeng pengembang lokal beserta komunitas untuk membuat fitur inovatif sesuai keinginan penyuka ponsel lokal. Kita akan main lewat komunitas. Karena cuma komunitas yang mengerti apa value yang diinginkan komunitas,” katanya.

Berkaitan dengan kinerja perseroan selama  setengah tahun hadir di Indonesia dengan empat seri produk ponsel tipe Qwerty keluarannya. Ronnie mengungkapkan, tiga produk ponsel Qwerty sebelumnya telah berhasil dipasarkan sebanyak 40 ribu unit.

Ponsel itu adalah Blueberry @500 yang dibundel bersama XL dan laku terjual lebih dari 20 ribu unit. Sisanya, dua ponsel lainnya, Blueberry @8250 dan i9000 yang dibundel dengan kartu Indosat.

“Penjualan tertinggi di luar Jakarta ada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi, Makassar dan Manado,” katanya.

“Untuk Blueberry @9250 terbaru kami yang dibundling dengan Axis, kami targetkan 50 ribu dalam tiga bulan pertama. Kalau bisa sampai 100 ribu,” jelasnya.

Sedangkan untuk rencana ke depan, perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki pengusaha lokal dan asing itu, akan memperluas diperluas merek ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Myanmar, Laos, termasuk India. Saat ini CSL telah ada di   China, Malaysia, Singapura, dan Thailand.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s