241209 Axis Bantah Berikan SMS Gratis Lintas Operator

JAKARTA—PT Natrindo Telepon Seluler (NTS) sebagai pemilik merek dagang Axis membantah menawarkan promosi SMS gratis lintas operator bagi pelanggannya dalam program Bonus Seribu Rupiah.

“Tidak benar kami memberikan bonus gratis SMS dalam program itu. Tidak ada dalam design program dinyatakan penawaran gratis SMS lintas operator,” tegas Juru Bicara NTS Anita Avianty kepada Koran Jakarta Rabu (23/12).

Dijelaskannya, dalam program promosi yang ditawarkan bagi pengguna kartu prabayar Axis itu adalah menawarkan airtime bagi pelanggan. “Kita hanya menawarkan bonus airtime ke pelanggan. Terserah mau dimanfaatkan untuk SMS atau jasa suara. Saya rasa tidak semua bonus akan dimanfaatkan untuk SMS oleh pelanggan,” kilahnya.

Secara terpisah, Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi mendesak Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) secepatnya berkonsolidasi untuk menyelesaikan kembali maraknya penawaran   SMS gratis lintas.

“Regulator sudah jelas menghimbau menghentikan layanan itu pada awal tahun lalu. Dalam perjalanan industri minta ini diatur secara self regulation. Sebaiknya cepat diselesaikan. Jangan nanti masyarakat pikir kami tidak konsisten dengan kebijakan yang diambil,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum ATSI Sarwoto Atmosutarno telah mengeluarkan himbauan bagi  para anggotanya  yang menawarkan program SMS gratis lintas operator   untuk menghentikan promosinya karena   bisa memicu persaingan tidak sehat dan membebani jaringan operator penerima SMS.
”Kami memang meminta masalah ini dibereskan secara self regulation. Sekarang ini sedang ada diskusi terus-menerus dengan sesama anggota. Sebaiknya promo itu dihentikan karena memicu operator besar melakukan hal yang sama dan membuat persaingan menjadi karut-marut,” katanya.

Sarwoto mengungkapkan,  dalam pembahasan di ATSI ada kemungkinan skema tarif SMS diubah dari Sender Keep All (SKA) menjadi berbasis interkoneksi. SKA adalah pola pentarifan dimana biaya SMS diambil semuanya oleh operator pengirim. Sedangkan berbasis interkoneksi, ada revenue sharing antara operator pengirim dan penerima SMS.

”Kalau sudah berbasis interkoneksi   akan lebih adil. Mau dibanting harganya, jaringan penerima SMS mendapat pemasukan,” katanya.

Berdasarkan catatan, operator yang mulai menawarkan SMS gratis lintas operator saat ini adalah Three dan Axis. Three menawarkan gratis 100 SMS per hari ke semua operator dan Axis menawarkan bonus seribu rupiah yang dapat dimanfaatkan untuk SMS atau menelpon lintas operator. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s