221209 Sinyal Indosat Ganggu Layanan GSM Dua Negara

JAKARTA—Sinyal layanan Code Division Multiple Access (CDMA) StarOne milik PT Indosat Tbk (Indosat) menganggu layanan seluler berbasis GSM yang berada di Singapura dan Malaysia.

“Sudah ada surat resmi dari kedua negara berkaitan dengan sinyal milik Indosat dari Batam yang menganggu layanan GSM dari kedua negara tersebut. Sekarang sedang dicari jalan keluarnya untuk masalah bocornya sinyal di perbatasan tersebut,” ungkap Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi di Jakarta, Senin (21/12).

Chief Marketing Officer Indosat Guntur S Siboro mengakui, secara teknologi CDMA sinyal yang dimilikinya lumayan kencang walaupun sudah dipasang guardband dan filter.

“Kita sudah usahakan pasang filter. Masalahnya di kedua negara tersebut tidak dipasangi filter, jadi mereka yang sengsara,” katanya.

Namun, Guntur mengaku mendapatkan, hikmah dari bocornya sinyal tersebut hingga ke negeri tetangga karena nomor StarOne Batam banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang berada di kedua negara tersebut.

”Saya malah dengar masyarakat Indonesia yang memiliki apartemen dengan ketinggian tertentu di kedua negara itu  malah menggunakan terminal telepon tetap StarOne untuk berkomunikasi dengan kerabat di Batam,” katanya.

Menanggapi hal itu, Direktur Kebijakan dan Perlindungan Konsumen Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala mendesak semua pihak harus menyelesaikan masalah sinyal bocor tersebut. ”Kasus ini sudah dikeluhkan oleh kedua negara sejak setahun lalu. Seharusnya ini tidak hanya diselesaikan oleh Indosat, tetapi negara pun proaktif,” katanya.

Kamilov mengingatkan, Indosat tidak boleh bangga  adanya indikasi layanan StarOne digunakan di negara tetangga karena jelas melanggar regulasi dan berpotensi merugikan negara karena pajak roaming menjadi hilang.

”Miris sekali mendengar petinggi Indosat justru bangga layanannya dipakai dengan cara seperti itu. Kalau begini terus citra Indonesia semakin negatif saja di luar negeri,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s