191209 Maskapai Asing Tambah Jadwal Penerbangan


JAKARTA—Lima maskapai asing menambah jadwal penerbanganke Indonesia dalam rangka mengantisipasi lonjakan permintaan seiring datangnya libur panjang menyambut Natal dan Tahun Baru 2010.

Kelima maskapai asing itu adalah China Airlines,Cathay Pacific, Silk Air, Malaysia Airlines dan Qantas Airways. Ke lima maskapai tersebut akan menambah penerbangan dengan total 15.850 kursi.

“Kelima maskapai tersebut mengusulkan tambahan penerbangan untuk jadwal 25 Desember 2009 hingga 3 Januari 2010. Kami sudah mengeluarkan izin Flight Approval (FA) bagi kelimanya,” ungkap Direktur Angkutan Udara Departemen Perhubungan , Tri S. Sunoko di Jakarta, Kamis (17/12).

Diungkapkannya, rute penerbangan yang akan di tambah  berasal dari negera tetangga  seperti Malaysia, Singapura, Australia, China dan Hongkong. “Tujuan ke Indonesia antara lain ke Jakarta, Surabaya dan Medan,” jelasnya.

Berkaitan dengan masih   sepinya permintaan tambahan jadwal penerbangan dari maskapai nasional, Tri menduga,  kemungkinan operator lokal  mengajukan penerbangan tambahan pada pekan depan.

“Sepertinya jadwal reguler  masih bisa menampung. Tetapi dugaan saya  Lion Air, Merpati dan Garuda akan mengajukan tambahan. Biasanya seperti itu,” katanya.

Berdasarkan catatan,   izin penambahan penerbangan untuk maskapai nasional baru diberikan pada Mandala Air. Mandala disebutkan mendapat izin penerbangan untuk rute Jakarta-Surabaya pada 24 Desember dan 27 Desember dengan kapasitas 720 kursi.

Sedangkan untuk rute Jakarta-Denpasar, extra flight akan dilakukan pada 25 Desember dan 1 Januari 2010 dengan kapasitas 720 kursi. Total kursi yang disediakan Mandala sebanyak 1.440 kursi. Sebelumnya Mandala menyatakan akan menyediakan sebanyak 4.320 kursi untuk rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Kupang.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Tri, dijelaskannya   FA Mandala mungkin belum diajukan,
sehingga jumlahnya tidak sama.
Secara terpisah, Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait mengungkapkan, hingga pekan ini memang terjadi lonjakan cukup besar dalam pembelian tiket.  “Load factor untuk rute gemuk seperti  dari Jakarta ke   Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Manado bisa mencapai 95 persen. Tetapi masih bisa dicover dengan penerbangan reguler,” katanya.

Menurut Edward, jika permintaan terus melonjak kemungkinan akan ada penerbangan tambahan terbuka lebar karena untuk mengurus FA hanya membutuhkan waktu sehari. “Biasanya jika ada penerbangan tambahan itu bisa lima ribu kursi per hari,” katanya.

Sedangkan Manajer Humas Batavia Air, Eddy Heryanto menegaskan,    tidak akan melakukan penambahan penerbangan.  “Saat ini load factor sudah naik hingga 85 persen, mungkin menjelang Natal dan Tahun baru akan naik melebihi 90 persen, sehingga tidak butuh extra flight,” ujarnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s