161209 Bisnis SMS Premium Tumbuh 30%

JAKARTA–Nilai bisnis SMS Premium diperkirakan mencapai 2,5-2,8 triliun rupiah atau  tumbuh 25-30 persen pada 2010.

“Pertumbuhannya sama dengan tahun ini sekitar 25-30 persen. Nilai bisnis untuk tahun ini sekitar 2-2,2 triliun rupiah,” ungkap VP Digital Music & Content Management Telkomsel Krish Pribadi, di Jakarta, Selasa (15/12).

SMS Premium adalah layanan nilai tambah dari operator telekomunikasi hasil kerjasama dengan penyedia konten. Biasanya pendapatan dari satu SMS akan dibagi antara operator dengan penyedia konten. Besaran pembagian mulai 40 hingga 60 persen.

Telkomsel sendiri memiliki 200 mitra penyedia konten dengan Average Revenue Per Users (ARPU) sekitar 5-7 ribu rupiah. Pelanggan SMS Premium milik Telkomsel sekitar 10 juta nomor.

Diungkapkannya, bisnis SMS Premium baru mengalami pertumbuhan eksponensial dalam waktu tiga tahun belakangan ini. “Ini dapat dilihat dari potensi pasar di industri yang belum maksimal digarap. Baru sekitar 6-7 persen dari total 160 juta pengguna seluler,” katanya.

Diperkirakannya, rendahnya penterasi pasar akan membuat tarif dari SMS Premium belum akan turun dalam waktu dua hingga tiga tahun mendatang. “Masih dikisaran dua sampai lima ribu rupiah. Pertambahan justru akan terjadi dari variasi layanan karena untuk membangun bisnis ini membutuhkan modal yang kecil. Modal utama adalah kreatifitas,” katanya.

Hal itu, lanjutnya, dapat dilihat dari banyaknya bermunculan layanan baru. Salah satunya adalah Diary Bintang Sinetron yang menggandeng selebritis Nikita Willy, Kiki Farel, dan Fendy Chow.

“Konten berbau selebritis itu diminati pelanggan. Hampir 50-60 persen pelanggan mengakses jenis layanan ini,” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Praktisi Telematika Suryatin Setiawan menegaskan,  konten lokal harus dikembangkan sebanyak- banyaknya sebelum era konvergensi datang.

“Penghalang maraknya konten lokal terutama adalah operator telekomunikasi masih kurang friendly dalam hal hubungan bisnis yang kondusif. Regulasi juga  perlu bersahabat kepada industri konten lokal sehingga industri bisa tumbuh dan bebannya tumbuh sejalan dengan pertumbuhan bisnisnya,” katanya.[Dni]

Bisnis SMS Premium Tumbuh 30%

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s