111209 JICT Akan Bangun Pelabuhan Terbesar

JAKARTA—PT Jakarta International Container Terminal (JICT) akan membangun pelabuhan terbesar di Indonesia yang menelan investasi total senilai 160 juta dollar AS.

Perseroan berencana akan mengembangkan pelabuhan dengan kapasitas 1 juta TEUs melalui investasi 4 Quay Cranes tambahan, 18 Rubber Tyred Gantry Cranes (RTGS), 30 Head Trucks dan Chassis serta pembangunan 12 hektar area penumpukan dengan jalan-jalan penghubungnya, area parkir, dan fasilitas administrasi.

“Sebagian investasi akan berasal dari  pinjaman dana sebesar 70 juta dollar AS dari International Finance Corporation (IFC) IFC. Sisanya  90 juta dolar AS akan dari dana internal,” ungkap  Direktur Eksekutif Group Hutchison Port Holdings (HPH) James Tsien, di Jakarta, Kamis (10/12).

Diungkapkannya, pinjaman dari IFC  terdiri dari dana sebesar 30 juta dollar AS dari lembaga itu sendiri dengan skema pembayaran 7 tahun dan pinjaman sindikasi dari HSBC hingga  40 juta dollar AS dengan skema pembayaran 5 tahun.  ”Pinjaman ini merupakan komitmen jangka panjang pemegang saham JICT,” katanya.

Direktur IFC untuk Asia Timur dan Pasifik, Karin Finkelston mengatakan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sangat  membutuhkan sistem transportasi yang efisien dan yang dikelola secara baik agar dapat bersaing di perekonomian dunia. “Kami ingin membantu mewujudkan itu,”  katanya.

Direktur Keuangan JICT Nano Aryono mengatakan, sepanjang tahun ini sebagai bagian dari program pengembangannya, JICT telah mengembangkan area penumpukan, membeli peralatan baru, dan menuntaskan pembaruan sistem teknologi.

“Secara khusus JICT telah mengoperasikan sistem manajemen terminal nGen milik kelompok HPH  guna meningkatkan efisiensi,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s