101209 Regulator Minta Tarif Kembali Diturunkan

JAKARTA—Regulator telekomunikasi meminta operator untuk kembali menurunkan tarif setelah pada 2008 lalu langkah tersebut dilakukan dengan adanya kebijakan penurunan biaya interkoneksi.

”Rasanya wajar operator menurunkan tarif lagi seperti tahun lalu pada 2010. Pasalnya infrastruktur telekomunikasi makin merata dan canggih. Bukankah kalau kedua itu tercapai harusnya tarif makin murah,” ujar Menkominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, Rabu (9/12).

Menanggapi hal itu Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan, berat bagi operator untuk menuruti himbauan tersebut karena tarif telekomunikasi di Indonesia sudah termasuk yang paling murah di dunia. ”Kalau mau turun lagi, operator tidak bisa untung dong. Rasanya wajar kita mengharapkan investasi kembali,” tegasnya.

VP Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia mengungkapkan, untuk menyongsong persaingan pada tahun depan perseroan menyiapkan beberapa strategi bagi layanan fixed wireless access (FWA) yang diusungnya melalui layanan telepon Flexi. Saat ini Flexi 15,5 juta pelanggan dengan dukungan Base Transceiver Station (BTS) sebanyak 5.060 titik

“Strategi itu antara lain program bundling handset, tarif telepon kompetitif dan tarif data murah, pemasaran bersama dengan anak perusahaan, serta memperkaya layanan nilai tambah dalam bentuk konten,” ujarnya.

Bentuk nyata dari implementasi strategi itu adalah program panggilan hemat “Bulan C’rita Flexi” yang diberlakukan mulai Desember 2009 hingga Februari 2010.

Melalui program tanpa syarat ini, pelanggan Flexi bisa melakukan panggilan satu jaringan ke sesama Flexi dengan tarif 300 rupiah tanpa batas mulai pukul 23.00 hingga 09.00 WIB. Namun, pembicaraan untuk enam menit pertama tetap dikenakan tarif normal 49 rupiah per menit.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s