091209 2013, Nilai Pasar Industri Cat Capai US$ 1.444 Juta

Jakarta—Nilai pasar industri cat lokal dalam jangka waktu empat tahun ke depan diperkirakan akan mencapai 1.444 juta dollar AS atau meningkat 41 persen ketimbang posisi 2008 sebesar 1.024 juta dollar AS.

“Pemicu dari kenaikan yang lumayan besar adalah karena Indonesia merupakan negeri dengan penduduk keempat terbesar di dunia dengan pertumbuhan perekonomian yang menjanjikan,” ungkap Frost & Sullivan Country Director Indonesia, Eugene van de Weerd di Jakarta, belum lama ini.

Dijelaskannya, saat ini  kondisi di Indonesia adalah jumlah populasi penduduk  besar, tetapi  angka konsumsi cat per kapita masih rendah. “Ini justru menjadi peluang bagi industri cat untuk berkembang.  Peluangnya ditempati oleh pasar Decorative Coatings,” jelasnya.

Sedangkan pemicu lainnya adalah  peningkatan daya beli dan pengalihan fokus ke produk yang lebih fungsional dan artistik. Selain itu,  banyaknya perusahaan cat multinasional (MNCs) yang telah membangun pabrik di Indonesia dan mencari material mentah lokal juga dapat  membantu pertumbuhan dari  industri cat dan lapisan itu sendiri.

Selanjutnya Eugene menjelaskan, tingginya ketidakterkendalian  harga bahan mentah menjadi  perhatian utama dari industri cat. ”Ketika harga bahan mentah meningkat, produk cat yang mahal tidak bisa ditawarkan kepada konsumen
karena akan kalah bersaing dalam pasar cat itu sendiri. Sebagai hasilnya, penurunan margin menjadi tantangan kunci yang dihadapi para produsen cat, khususnya produsen cat lokal skala kecil,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s