051209 BTIP Jamin Validitas Data Desa Pinter

JAKARTA—Balai Telekomunikasi dan Informatika Perdesaan (BTIP) menjamin data yang digunakan untuk desa pinter memiliki validitas tinggi dan sesuai sasaran sehingga tujuan dari pengadaan internet di ibukota kecamatan akan tercapai.

“Kami sudah melakukan surat-menyurat dengan 446 Bupati di seluruh Indonesia yang masuk dalam program desa pinter. Tak lama lagi datanya akan ditandatangani oleh Dirjen Postel. Ini menggunakan data terbaru yaitu 2009,” tegas Kepala BTIP Santoso Serad di Jakarta, Jumat (4/12).

Untuk diketahui,  tender Desa Pinter diadakan bagi  4.700  kecamatan dengan total pagu anggaran tahun pertama 370,5 miliar rupiah. Depkominfo melalui  BTIP  membagi pengerjaan proyek Desa Pinter dari dana USO menjadi 11 paket pekerjaan. Sebanyak sebelas perusahaan telekomunikasi telah dinyatakan lulus tahap prakualifikasi dalam proses tender.

Ketua Umum Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) Irwin Day mengingatkan panitia tender untuk memperhatikan data yang digunakan dalam menentukan desa pinter karena di lapangan sudah banyak berdiri fasilitas telekomunikasi di desa-desa.

“Jika merujuk data lama yang dipakai BTIP, itu banyak berdiri warnet di sekitar desa yang dicap masuk desa pinter. Nah, kalau sudah begini, warnet eksisting itu nasibnya bagaimana,” katanya.

Santoso menjelaskan, hasil verifikasi data dengan para kepala daerah ditemukan kemungkinan jumlah titik layanan akan bertambah, sedangkan jumlah kecamatan tidak berubah. “Ada kemungkinan di satu kecamatan yang tadinya hanya dipasang satu titik layanan akan ditambah karena letak antar desa yang berjauhan. Sekarang sedang dilengkapi dulu datanya,” katanya.

Diungkapkannya, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh panitia tender adalah menyiapkan Rancangan Kerja Sendiri (RKS) dan Harga Penentuan Sendiri (HPS). “Setelah itu para peserta mengambil dokumen tender dan masuk ke penawaran harga,” jelasnya.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewo Broto menambahkan,  Menkominfo Tifatul Sembiring telah mengeluarkan  Peraturan Menteri Kominfo No. 48/PER/M.KOMINFO/11/2009 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet Pada Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan, yang  mulai berlaku  23 November 2009.

“Permen itu sangat penting artinya karena menunjukkan  proses  tender USO layanan internet kecamatan tetap akan diteruskan,” tegasnya.

Gatot menjelaskan, dimundurkannya proses tender pada awal November lalu  karena adanya beberapa hal di dokumen tender yang perlu disempurnakan.

“Salah satunya masalah penggunaan operating system (OS). Kami memutuskan OS
yang digunakan berbasis open source,” tegasnya.

Gatot mengungkapkan, hasil dari penyempurnaan dokumen adalah pemenang nantinya harus  menyediakan 5 personal computer multimedia beserta  OS ,  satu server berisikan aplikasi push and store content , billing system dan pencatatan identitas pengguna, modem,  printer multifungsi,  peripheral jaringan, keamanan jaringan, meubeller untuk komputer; catu daya; back up catu daya, daftar tarif,  dan rambu penunjuk lokasi serta rambu papan nama.

Pemenang pun diwajibkan untuk  menggunakan belanja modal (capital expenditure/capex) sekurang-kurangnya 35 persen  bagi pembelanjaan produksi dalam negeri.

Santoso mengatakan, masalah OS sudah tidak perlu lagi diributkan oleh peserta walaupun dengan berbasis open source bisa saja aplikasi yang selama ini dikenal sebagai propertiary menjelma sebagai  open source. “Karena itu tuduhan yang dilontarkan condong ke merek belum lama ini tak tepat,” katanya..[dni]

1 Komentar

  1. MAKASIIH INFONYA TAPI MAU TANYA NIH BAGAIMANA CARANYA DAFTAR/ IKUT TENDER DESA PINTER YA OM” DESA SAYA MIAGAN, KEC.MOJOAGUNG, KAB.JOMBANG, PROP. JATIM SAYA INGIN SEKALI MENGEMBANGKAN DESA SAYA LEWAT INTERNET CZ SAYA JUGA JADI PERANGKAT DISITU THANK ATAS BALASANYA SAYA UCAPIN TRIMAKASIH


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s