041209 Telkom Bantah Akan Akusisi BTEL

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membantah memiliki rencana akan mengakuisisi PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) dalam waktu dekat.

“Telkom  hingga saat ini belum mempunyai rencana atau memutuskan untuk mengakuisisi operator telekomunikasi manapun meskipun analisis terhadap lingkungan bisnis tetap dilakukan,” tegas  Vice President Public & Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, di Jakarta, Kamis (3/12).

Eddy menjelaskan, perseroan hanya  akan melakukan merger atau akuisisi jika  berkaitan dengan transformasi bisnis yang sedang djalankan yakni dalam bidang Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment (TIME).

Menurutnya pemberitaan media massa  yang menyebutkan seolah-olah Telkom telah menyepakati ataupun setidaknya memiliki rencana membeli saham ataupun mengakuisisi sebuah perusahaan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA perlu diluruskan karena perseroan  belum melakukan pembicaraan apapun dengan operator telekomunikasi yang dimaksud dalam pemberitaan tersebut. “Guna mengakuisisi sebuah perusahaan tidak sesedarhana yang diperkirakan karena memerlukan kajian yang mendalam dan komprehensif,” katanya.

Dijelaskannya,  guna meningkatkan revenue maupun keperluan ekspansi bisnis dalam layananan CDMA, Telkom masih mengandalkan layanan fixed wireless access (FWA) Flexi. “Di tengah persaingan yang cukup ketat, Flexi terus memperlihatkan pertumbuhan yang cukup berarti,” ujarnya.

Pelanggan Flexi hingga November 2009 telah mencapai sekitar 15,5  juta pelanggan,  berarti tumbuh lebih dari 60 persen  dibanding periode yang sama pada 2008. “ Melihat pertumbuhan Flexi yang  mengesankan tersebut, pada tahap sekarang akan fokus membesarkan layanan ini. ,” terangnya.

Sebelumnya, Direktur Keuangan Telkom Sudiro Asno mengungkapkan sedang  mengincar pemain-pemain skala menengah di industri telekomunikasi. ”Salah satunya adalah Bakrie Telecom. Ibarat anak muda, sekarang sedang lirik-lirikan,” katanya.

Menanggapi hal itu, Direktur Layanan Korporasi Bakrie Telecom Rakhmat Junaedi mengatkan pihaknya sampai saat ini belum ada pembicaraan untuk menjual perseroan ke Telkom.

Pihaknya, jelas dia, tetap akan tumbuh melalui pertumbuhan organik. “Kita masih percaya dengan kemampuan sendiri. Kita masih dapat mengambil peran dalam perkembangan industri telekomunikasi Indonesia,” ungkapnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s