031209 Tiga Pemenang Tender BWA Di-deadline Hingga 20 Desember

JAKARTA—Tiga perusahaan pemenang tender Broadband Wireless Access (BWA) diberikan batas waktu hingga 20 Desember 2009 menyelesaikan kewajibannya kepada Negara.

Ketiga perusahaan itu adalah    Berca Hardayaperkasa (Berca), Internux, dan Jasnita Telekomindo. Kewajiban yang harus dipenuhi adalah pembayaran upfront fee dan Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi tahun pertama karena pemerintah sudah mengeluarkan izin prinsip sebagai pemenang tender.

Diperkirakan hanya  dari upfront fee ketiga perusahaan itu  harus menyetor ke negara sebesar 70,397 miliar rupiah (Berca), 110,033 miliar rupiah (Internux), dan 708 juta rupiah (Jasnita).

“Kami sudah mengirim surat peringatan pertama kepada ketiga perusahaan itu. Batas waktu yang diberikan untuk menyelesaikan kewajiban adalah 20 Desember nanti,” tegas Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewo Broto kepada Koran Jakarta, Rabu (2/12).

Ditegaskannya, pemerintah akan memastikan pengenaan denda  sebesar dua persen dari total kewajibannya jika batas waktu 20 Desember dilanggar. Hal ini karena ketiga perusahaan sudah melanggar batas waktu sesuai dokumen tender yakni pembayaran kewajiban 20 November 2009.

“Jika ada yang melanggar akan dikenakan denda, selanjutnya dikirimkan peringatan kedua,” katanya.

Sumber Koran Jakarta di Berca mengungkapkan, besar kemungkinan beberapa zona yang dimenangkan akan dikembalikan ke pemerintah. “Tidak sesuai dengan yang dibayangkan awalnya. Beda jika perangkatnya tidak dibatasi dengan standar nomadic atau boleh impor dari luar. Masalahnya dengan regulasi sekarang cost per subscriber terlalu mahal,” ungkapnya.
Berca adalah penguasa tender BWA dengan memenangkan 8 dari 15 zona yang ditawarkan.

Perusahaan yang dimiliki Hartati Murdaya ini   berdasarkan penelusuran dari situs perusahaannya terungkap selama ini  bergerak di bidang teknologi informasi dengan unit bisnis Consulting Service, Berca Cakra Teknologi, Sistem Integrator, Consulting Services, Telecommunication Measurement & Infrastructure dan Integrated Services of Telematic.

Untuk diketahui, pemenang tender BWA pada Juli lalu terdapat 8 perusahaan. Tiga perusahaan sudah melakukan  pembayaran kewajiban. Ketiga perusahaan itu adalah Telkom, Indosat Mega Media (IM2), dan First Media.

Diperkirakan upfront fee yang diterima dari IM2  18,408 miliar rupiah   dan Telkom  66,954 miliar rupiah. Sedangkan dari First Media  sekitar  245,08 miliar rupiah (BHP dan upfront fee).

Sementara dua pemenang lagi berbentuk konsorsium yaitu Wireless Telecom Universal serta  Konsorsium Comtronics Systems dan Adiwarta Perdania.
Tenggat waktu yang diberikan bagi konsorsium adalah  26 Januari 2010.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s