031209 PT KA Operasikan KA Barang Baru

Jakarta– PT Kereta Api (KA) mulai mengoperasikan kereta cepat untuk kargo dengan nama  KA  Barang Baru yang melayani rute  tujuan Jakarta-Surabaya.

Kereta dengan layanan berkonsep over night service atau ONS Cargo ini menggunakan sepuluh gerbong barang dengan daya angkut 200 ton atau 20 ton per gerbong.

Untuk menjalani rute  Jakarta-Surabaya, kereta ini mampu menempuhnya selama 11 jam.

“Dari Jakarta pukul 21.30 wib dan sampai di Surabaya esok harinya pukul 08.30 wib,” kata VP Public Relation PT KA, Adi Suryatmini di Jakarta, Rabu (2/12).

Stasiun pelayanan angkutan meliputi tiga stasiun, yaitu Stasiun Pasarturi (Surabaya), Semarang Poncol dan stasiun Jakarta Gudang (Kampung BAndan).

Dijelaskan, KA ONS Cargo pada tahap awal akan mematok tarif jasa sebesar  500 rupiah per kg atau Rp 10 juta rupiah per keret.

Untuk keperluan tersebut juga disediakan fasilitas bongkar muat mekanik sistem dari dan ke kereta barang, fasilitas loading dan unloading gudang transit ONS Cargo  dan sistem komputerisasi dokumen kargo.

Dengan adanya kereta barang cepat ini, PT KA membuka kesempatan kepada perusahaan logistik dan ekspedisi untuk bekerjasama sebagai mitra pemasar angkutan.

Berdasarkan catatan, potensi angkutan barang Jakarta-Surabaya dari Kalimas ke Jakarta bisa mencapai 1.000 Teus per hari. Hingga sekarang baru bisa diangkut 40 Teus dengan 4 kereta sehari.

Secara umum, hingga kuartal III, PT KA  berhasil mengangkut angkutan barang sebanyak 14 juta ton dari 19 juta ton yang ditargetkan sepanjang 2009 ini.

Saat ini, pendapatan Kereta Api dari bisnis angkutan barang baru sekitar  1,4 triliun rupiah. Sementara porsi bisnis angkutan penumpang menyumbang pendapatan terbesar sampai 2 triliun rupiah per tahun.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s