021209 Belanja TI Nasional Meningkat 8 %

JAKARTA—Belanja produk Teknologi Informasi (TI) nasional diperkirakan akan   mencapai 8,1  miliar dollar AS pada 2010 atau meningkat delapan persen dibandingkan tahun ini sekitar 7,5 miliar dollar AS.

”Berdasarkan data IDC, pembelanjaan tetap akan didominasi untuk perangkat keras (89,5%), perangkat lunak (3,6%), dan services (6,9%),” ungkap  Country Manager VMware Indonesia Edwin Lim, di Jakarta, Selasa (1/12).

Dijelaskannya, pendorong meningkatnya belanja TI nasional tak bisa dilepaskan dari anggaran pemerintah untuk   pengembangan infrastruktur akan mempengaruhi tingkat optimalisasi perangkat TI di sejumlah industri.

Diungkapkannya, pada tahun depan   tren komputasi awan atau cloud computing akan tumbuh walaupun baru dikenalkan pada industri tahun ini. Selain itu,  teknologi ramah lingkungan (green technology) juga semakin    menjamur.

Menurutnya, meningkatnya penggunaan cloud dan virtualisasi tak bisa dilepaskan dari adanya jaminan efisiensi penggunaan  belanja modal (Capex) dan biaya operasional (Opex) jika menggunakan dua sistem tersebut.

”Kami memiliki produk Vmware View 4 yang memungkinkan virtualisasi desktop. Solusi ini saja bisa menghemat 70 persen biaya storage dari sisi capex. Sedangkan dari sisi Opex menghemat 55 persen manajemen desktop dan bisa menunda peremajaan desktop,” jelasnya.

Dikatakannya, VmWare View 4 memungkinkan  pengguna dapat mengadopsi virtualisasi  dan  komputasi desktop dapat dijadikan managed service. Singkatnya, aplikasi ini  membantu membuat ribuan desktop dan aplikasi manajemen puluhan ribu desktop lewat satu konsol

Solusi ini sendiri merupakan hasil kembangan dari platform VMware vSphere yang mampu menjadikan VMware View 4 sebagai solusi desktop virtualisasi yang fleksibel, aman, dan berkinerja tinggi.

Keuntungan yang bisa dirasakan pengguna jika mengadopsi VMware View 4 ini, diantaranya VMware Composer. fitur tersebut membuat data center  tidak akan menyimpan image yang sama secara berulang.

Fitur sekuriti juga menjadi salah satu andalan untuk produk ini. Hal ini karena   data  akan tersimpan di data center. Selain itu program virus akan direvocery secara cepat.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s