121109 2011, ARPU Industri Turun 50%

JAKARTA–Asosiasi GSM (GSM Asociation/GSMA) memperkirakan Average Revenue Per User (ARPU) dari industri telekomunikasi global akan mengalami penurunan hingga 50 persen pada 2011 nanti.

“Saat ini ARPU di industri  telekomunikasi secara global rata-rata 48 dollar AS. Dua tahun lagi akan turun menjadi 24 dollar AS,” ungkap Senior Director of Services GSM Association Jaikishan Rajaraman  di Jakarta, Rabu (11/11).

Dijelaskannya, kondisi tersebut terjadi karena semakin tingginya pengguna dan menurunnya harga perangkat untuk menggelar infrastruktur. “Biaya infrastruktur itu mengalami penurunan 3 hingga 5 persen tiap tahunnya,” jelasnya.

Pada kesempatan lain, VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengakui, fenomena turunnya ARPU memang telah terjadi.

“Pertumbuhan itu justru terjadi di New Wave Business karena dipacu oleh layanan broadband,” jelasnya.

New Wave adalah lini bisnis diluar telekomunikasi dasar berbasis seluler atau kabel. Bisnis ini identik dengan penggunaan internet dan solusi teknologi informasi.

Dijelaskannya,  kecenderungan New Wave menjadi kebutuhan yang luas sebenarnya sudah mulai terlihat

Pada 2008, ketika bisnis yang mengandalkan layanan legacy seperti telepon kabel (wireline) mengalami penurunan, sementara bisnis New Wave Telkom justru terus tumbuh.

Pertumbuhan New Wave bisnis mencapai 51 persen  sedangkan sumbangan terhadap total revenue meningkat menjadi 8,9 persen  pada kuartal ketiga 2009 dibandingkan hanya 6,3 persen pada periode sama 2008. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s