111109 Indocomtech Bukukan Transaksi Rp 320 Miliar

JAKARTA—Pameran produk Teknologi Informasi (TI) yang diselenggarakan 4-8 November lalu berhasil membukukan transaksi senilai 320 miliar rupiah. Angka tersebut melonjak 77 persend dari target penyelenggara yang memperkirakan akan ada transaksi sebesar 180 miliar rupiah.

”Nilai transaksinya diperkirakan mencapai 320 hingga 350 miliar rupiah. Kami sendiri kaget angkanya bisa menembus sebesar itu,” ungkap Ketua Panitia Indocomtech 2009, Chris Irwan Japari, di Jakarta, Selasa (10/11).

Pameran yang digagas oleh Apkomindo Indonesia Foundation (Yayasan Apkomindo) itu  diselenggarakan di Jakarta Convention Center dan merupakan gelaran ke-17 kalinya  . Pameran itu menempati area seluas 25.000 meter persegi atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 20.000 meter persegi.

Sebanyak 326 perusahaan TI meramaikan gelaran itu atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 240 perusahaan. Penyelenggara  menargetkan pameran  dikunjungi oleh setidaknya 125 ribu orang dari kalangan pecinta TI.

Diungkapkan Chris,  produk TI yang menjadi ujung tombak penjualan adalah adalah netbook karena sudah  menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Apalagi perangkat ini harganya makin terjangkau.

Chris memperkirakan, transaksi bisa melonjak tajam di luar target karena waktu penyelenggaraan yang tepat dan kondisi dari mata uang rupiah yang sedang menguat.

”Momentumnya tepat sekali menjelang Desember. Apalagi rupiah sedang kuatnya terhadap dollar AS sehingga barang bisa menjadi murah,” katanya.

Benturan
Secara terpisah, Ketua Umum  Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Suhanda Wijaya meminta, Yayasan Apkomindo dalam menyelenggarakan kegiatan pameran tidak berbenturan dengan program asosiasi.

”Seharusnya sebagai yayasan  tidak  boleh memiliki program yang dapat menyebabkan benturan terhadap Apkomindo sebagai organisasi. Jika tidak bisa dilakukan, harus ditarik  garis jelas antara Apkomindo dan yayasan,” tegasnya.

Suhanda mengeluarkan pernyataan tersebut terkait diselenggarakannya Indocomtech oleh Yayasan Apkomindo sejak 2007 lalu. Padahal, sepanjang penyelenggaraannya sejak 1992—2007, ajang pameran tersebut selalu diselenggarakan oleh asosiasi, bukan yayasan.

Apkomindo sejak 2007 juga menyelenggarakan kegiatan pameran komputer tahunan bernama National IT eXpo (NIX) yang diadakan di beberapa kota besar termasuk Jakarta. Tahun ini NIX bahkan berlangsung di 13 kota dengan total penjualan 186,8 miliar rupiah dari 11 kota diantaranya.
Yayasan Apkomindo jsendiri   kabarnya akan segera menggelar pameran komputer dan TI di sejumlah kota seperti Surabaya dan Makassar.

Dijelaskan Suhanda, ide  awal pembentukan yayasan adalah untuk memiliki sekretariat Apkomindo secara permanen karena sebelumnya selama 10 tahun lebih selalu berpindah-pindah karena sewa. Selain itu yayasan dibentuk untuk melakukan aksi sosial.

“Sampai tahap ini saya setuju. Tapi bukan untuk memiliki program kerja yang sama, apalagi berbenturan. Jangan seperti terjadi di Jawa Timur dimana salah satu DPD   Apkomindo  Jatim dibenturkan oleh pameran yang diselenggarakan oleh yayasan,” tegasnya.

Masalah pameran Indocomtech tersebut ternyata hanya sebagian kecil dari berbagai persoalan yang mengimpit asosiasi tersebut, karena ada persoalan lainnya, diantaranya masalah aset, seperti  program kerja, kantor pusat, dan pameran lainnya yang sebelumnya dimiliki oleh asosiasi.

Menanggapi hal itu, Chris menilai pernyataan tersebut hanyalah bagian dari riak-riak organisasi. ”Saya justru mendukung NIX. Tidak ada rivalitas antara yayasan dengan asosiasi. Kami bikin pameran ini untuk mencari dana bagi kegiatan sosial. Kalau diam saja dana datang darimana,” ketusnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s