101109 Jasa Dial Up dan VoiP akan Miliki Qos

JAKARTA—Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) sedang menggodok regulasi terkait standar kualitas layanan dari jasa internet dial up dan  internet untuk keperluan publik (Voice over internet protocol/Voip) guna melindungi konsumen yang menggunakan kedua jasa tersebut.

Jasa akses internet dial-up adalah suatu layanan aplikasi-aplikasi dimana seseorang dapat mengakses layanan dan aplikasi internet dengan menggunakan koneksi dial-up saja. Sedangkan VoiP biasanya banyak digunakan untuk panggilan Sambungan Langsung Internasional (SLI).

“Adanya regulasi ini membuat  keluhan pengguna layanan telekomunikasi, khususnya yang terkait dengan jasa akses internet dial-up yang sering up and down atau on namun kemudian off secara mendadak atau tidak stabil kualitas layanannya dapat berkurang,” ujar juru bicara Depkominfo Gatot S Dewo Broto kepada Koran Jakarta, Senin (9/11).

Dijelaskannya, regulasi tersebut akan berbentuk peraturan menteri  yang akan ditandatangani oleh Menkominfo Tifatul Sembiring. “Sekarang masih dalam konsultasi publik,” katanya.

Diungkapkannya, beberapa standar kualitas layaan yang diatur dalam regulasi itu diantaranya  persentase keluhan atas akurasi tagihan dalam satu bulan tagihan harus  sama dengan 5 persen  dari jumlah seluruh tagihan pada bulan berikutnya dan hal lainnya.

Hal serupa juga berlaku untuk    layanan  VoIP yang cenderung fluktuatif dalam arti teknologinya sesungguhnya relatif sederhana namun kadang pentarifannya ada yang disamakan dengan tarif non VoIP dan itu belum lagi dengan speed dan kualitas suara yang diperoleh oleh pengguna layanan tersebut.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s