101109 Garuda Tambah Armada

garudaJAKARTA—Maskapai nasional,  Garuda Indonesia (Garuda), memperkuat armadanya dengan mendatangkan dua pesawat jenis  A330-200 dan Boeing 737-800NG generasi baru (New Generation/NG) pada Senin (9/11).

Dirut Garuda  Emirsyah Satar mejelaskan, dua pesawat baru tersebut  bagian dari program peningkatan dan peremajan armada dalam rangka perseroan melakukan  Quantum Leap hingga 2014 nanti.

“Kami sudah mencanangkan Garuda Quantum Leap hingga 2014 dan peningkatan
pelayanan baru Garuda Indonesia Experience yang memadukan keramahan dan
suasana khas Indonesia,” katanya di Jakarta, Senin (9/11).

Dikatakannya,  dari sisi armada hingga 2014  total pesawat Garuda akan menjadi 116 pesawat dari kondisi saat ini sebesar 67 pesawat. Khusus jenis  A330-200 dan 300 pada 2014 nanti akan menjadi 20 unit, B737-800NG  (90 unit) dan Boeing 777  (90 unit).

Peningkatan jumlah armada diiringi penambahan rute dan frkuensi penerbangan sehingga menjadi sekitar 3.000 penerbangan per minggu, dari saat ini sekitar 1.700 penerbangan per minggu. Garuda pada tahun lalu  mampu meraih keuntungan  sebesar 670 miliar rupiah. Sedangkan pada 2014  target keuntungan bersih Garuda  diharapkan mencapai 3,75 triliun rupiah.

Kepala Komunikasi Perusahaan Garuda Pujobroto menambahkan, pesawat jenis A330-200 itu akan fokus digunakan untuk memperkuat rute-rute regional, sedangkan B737-800NG untuk domestik. “Di 2010, Garuda akan buka lagi 10 rute baru baik domestik maupun regional,” katanya.

Sejumlah rute regional itu antara lain, Manila, Brisbane. Sedangkan untuk  rute domestik antara lain Palu dan Gorontalo.

Direktur Keuangan Garuda Eddy Purwanto mengungkapkan, harga pesawat jenis 737-800 NG saat ini berkisar 45-50 juta dolar AS. Sedangkan harga jenis Airbus 330-200 berkisar 90 juta dolar AS.

“Pada tahun depan sudah disiapkan belanja modal sekitar 100 juta dollar AS. Tetapi tidak semuanya dihabiskan untuk pengadaan pesawat. Sebagian ada yang dialokasikan  untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, peremajaan pesawat, dan peningkatan kualitas layanan Garuda. Sedangkan sumber pendanaan berasal dari dana internal,” katanya.

Investor GMF
Pada kesempatan lain, Direktur Utama Garuda Maintenance Facility (GMF) Richard Budihadiyanto mengungkapkan, sebanyak 10 investor mengincar untuk membiayai pembangunan hangar  bagi pesawat khusus Airbus A319 dan A320 milik perseroan.

Investasi hangar dengan kapasitas sebanyak 12 pesawat tersebut menyerap dana 50 juta dollar AS.

Kesepuluh investor yang terdiri dari lembaga keuangan dari dalam dan luar negeri tersebut saat ini sedang diseleksi. Nantinya GMF hanya membutuhkan satu lembaga saja untuk membiayainya. Tercatat, tujuh lembaga pembayaran luar negeri antara lain dari Kanada, Singapura dan Eropa ikut serta. Sedangkan tiga investor dalam negeri adalah bank pelat merah.

“Desember nanti akan selesai beauty contest investornya. Setelah itu proyek langsung jalan,” katanya.

Dijelaskannya, GMF membutuhkan waktu selama 20 bulan untuk membangun hangar Airbus tersebut, bila pembangunan dimulai awal tahun 2010, maka bengkel tersebut bisa dioperasikan pada akhir 2011. “Butuh 12 bulan untuk membangun hangar wing (sayap) I dan delapan bulan untuk wing II,” ujarnya.

GMF bulan lalu telah mendapatkan sertifikat kelayakan dan keselamatan untuk memperbaiki pesawat Airbus tipe A319 dan A320 dari FAA (Federal Aviation Administration/Otoritas Penerbangan Amerika Serikat).

Sertifikat tersebut dijadikan modal bagi GMF untuk membangun fasilitas  (maintenance, repair & overhaul/ MRO) dan A Check hingga B Check.

Saat ini GMF mampu memperbaiki sebanyak 14 pesawat sekaligus baik pesawat berbadan lebar atau pesawat berbadan sempit, karena hangar GMF saat ini memiliki kapasitas 14 line. Adanya rencana membangun hanggar akan membuat kapasitas GMF menjadi  26 line.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s