051109 Telkomsel Targetkan HSPA+ Hadir di 24 Kota

JAKARTA–Penguasa pasar seluler nasional, Telkomsel, menargetkan hingga tahun depan akan ada 24 kota di seluruh Indonesia yang menikmati teknologi High Speed Packet Access (HSPA+).

HSPA+ adalah teknologi wireless broadband dengan kecepatan akses data mencapai 21 Mbps.

“Untuk tahap awal HSPA+ tersedia di Jakarta, selanjutnya hingga akhir tahun nanti akan hadir di Yogyakarta, Semarang, Medan, dan Surabaya. Teknologi ini diprioritaskan bagi pengguna pascabayar Kartu Halo,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di Jakarta, Rabu (4/11).

Dijelaskannya, hadirnya HSPA+ tak bisa dilepaskan dari keinginan perseroan membidik pasar mobile broadband di masa depan.

“Saat ini layanan mobile broadband  Telkomsel Flash digunakan 1,4 juta pelanggan. Tahun depan potensi pengguna mobile broadband itu bisa mencapai 5-6 juta pelanggan. Ini yang kami incar,” ungkapnya.

Diungkapkannya, untuk mengantisipasi hype dari mobile broadband, Telkomsel telah menyiapkan infrastruktur berupa 4 ribu BTS 3G (Node B) yang mampu melayani 16 juta pelanggan. Perseroan juga telah mendapatkan tambahan 5 MHz untuk  3G.

Diluncurkannya layanan yang menyerap 10 persen dari total 13 triliun rupiah belanja modal Telkomsel itu,  menjadikan operator ini yang pertama mengomersialkannya di Indonesia.

Bahkan rencananya operator ini akan melakukan uji coba Long Term Evolution (LTE) pada tahun depan.

Sebelumnya, Indosat baru sebatas melakukan uji coba dan berencana mengomersialkan di Jabotabek pada akhir tahun nanti.

Secara terpisah, praktisi telematika Raherman Rahanan menjelaskan,  HSPA+ hanyalah gimmick pemasaran karena banyak keterbatasan dalam mengaksesnya.

” Servicenya tidak bisa di generalisasi karena beberapa kendala, ” jelasnya.

Keterbatasan itu antara lain disisi terminal (modem), jangkauan Node B, traffic control di Packet Core Network, Extended QoS profile di HLR, dan bandwidth limitation RNC ke Node B.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s