241009 Semester I 2010, Seluruh Maskapai Diterima UniEropa

Jakarta — Departemen Perhubungan (Dephub)  menargetkan akan mengusulkan puluhan maskapai penerbangan lokal  untuk masuk dalam pencabutan daftar hitam penerbangan oleh Uni Eropa.

“Hingga semester I 2010 nanti, kita harapkan  seluruh maskapai di Indonesia akan diizinkan terbang ke langit Eropa,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara  Herry Bakti Singayudha Gumay, di Jakarta, Jumat (23/10).

Dijelaskannya, usulan akan dilakukan saat  pertemuan Aviation Security Commitee (ASC) Uni Eropa pada Januari 2010. Sedangkan sisanya akan diusulkan pada pertemuan ASC berikutnya pada Mei 2010.

“Mudah-mudahan pada pertengahan tahun depan seluruh maskapai telah masuk daftar maskapai yang dicabut pelarangan terbangnya oleh Uni Eropa,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Umum Lion Air mengaku telah melakukan resertifikasi sertifikat  Air Operator Certificate (AOC) milik maskapainya sesuai anjuran regulator agar bisa diusulkan untuk dicabut dari daftar hitam Uni Eropa.

“Resertifikasi telah diterima bulan lalu. Sekarang Lion Air menuggu bola saja dari Dephub dan Uni Eropa,” katanya.

Diharapkannya, Uni Eropa mencabut larangan terbang ke Uni Eropa bagi semua maskapai lokal karena ini menyangkut dengan azas kesetaraan dan kepercayaan. “Lion sendiri belum ada niat untuk ke Uni Eropa, tetapi ini bagi kami adalah citra Indonesia. Karena itu kita minta semuanya dicabutlah,” katanya.

Berdasarkan catatan, saat ini baru empat maskapai yang telah diperbolehkan terbang memasuki kawasan Eropa yaitu dua maskapai penerbangan berjadwal, Garuda Indonesia dan Mandala Airlines, serta dua perusahaan penerbangan kargo Airfast dan Premi Air. Garuda Indonesia dipastikan bakal terbang ke Eropa pada 1 Juni 2010 dengan penerbangan Jakarta-Amsterdam.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s