221009 LG Mobile Belum Mampu Gandeng Operator Besar

JAKARTA—Salah satu pemain besar di pasar global untuk   telepon seluler (ponsel), LG Mobile, ternyata kalah bersaing dalam hal menggandeng operator besar untuk bundling produk QWERTY dibandingkan pemilik merek lokal.

Hal ini terlihat dalam langkah LG Mobile yang hanya mampu menggandeng operator kelas medioker seperti Hutchison CP Telecom (HCPT) dalam memasarkan ponsel GW300.

Padahal, ponsel merek lokal seperti Nexian  mampu menggandeng pemain besar seperti Telkomsel, XL, dan Indosat  dalam memesarkan jenis ponsel yang sama. HCPT yang mengusung merek Tri sendiri hanya memiliki sekitar 6 juta pelanggan, angka itu tentu berbeda jauh dengan tiga besar yang menguasai 85 persen market share jasa seluler.

“Kami memang baru berhasil menyakinkan HCPT. Sedang operator lainnya masih dalam tahap penjajakan,” ungkap  General Manager Mobile Communications PT LG Electronics Usun Pringgodigdo, di Jakarta, Selasa (21/10).

Tak hanya kalah dalam menggandeng mitra, LG pun mengakui telat menggarap secara lebih agresif pasar ponsel Qwerty ketimbang merek lokal yang diimpor dari China.

“Para vendor besar sudah lebih awal menggarap segmen tersebut.  Hanya harga yang ditawarkan tidak semurah imerek lokal. Rata-rata masih di kisaran 3 juta rupiah  per unit. Sementara merek lokal menawarkan produk bundling rata-rata 1 juta rupiah per unit,” ujarnya.

Meskipun terlambat, Usun optimistis  untuk tahap awal LG GW300 yang dibanderol sekitar 1,5 juta rupiah itu  bisa meraih angka penjualan 50.000 unit sejak peluncuran produk ini hingga akhir tahun mendatang. Volume penjualan tersebut hanya dari paket bundling dengan Tri.

Sebanyak 15.000 unit atau 30 persen dari total 50.000 unit yang dipasarkan hingga akhir tahun diprediksi terserap oleh pasar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sisanya, menyebar merata di Indonesia.

Selanjutnya Usun mengungkapkan, guna memberika daya tarik bagi seri ponsel multimedia dari LG tak lama lagi akan dilengkapi dengan application store hasil besutan produsen tersebut. “Sekarang LG sedang berbicara dengan seluruh operator untuk menyinkronkan teknologi application store tersebut,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s