171009 XL Optimistis Pendapatan Tumbuh 7%

JAKARTA–PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) optimistis pendapatannya pada akhir tahun nanti tumbuh sebesar 7 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tercatat, pada tahun lalu perusahaan yang sahamnya dikuasai oleh Axiata Group tersebut meraih pendapatan sebesar 12,1 triliun rupiah. Sedangkan pada akhir tahun ini diprediksi bisa meraih pendapatan melebihi 13 triliun rupiah.

“Kami optimistis bisa mempertahankan pertumbuhan pendapatan. Bahkan kita optimistis bisa berada di posisi kedua secara industri pada akhir tahun ini,” ungkap Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di Jakarta, Jumat (16/10).

Dijelaskannya, pertumbuhan pendapatan bisa dipertahankan positif karena XL berhasil meraih jumlah pelanggan diatas dobel digit.

“Sekarang pelanggan XL sekitar 26 juta nomor. Jumlah pelanggan yang besar itu didukung oleh revenue generator subscriber (RGS) yang besar,” katanya.

RGS adalah pelanggan yang aktif menggunakan jasa XL. Saat ini tercatat 21,8 persen naik 9 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Berkaitan dengan rencana right issue dari saham pereseroan, Hasnul mengungkapkan, mulai dibahas pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 16 November nanti.

“Kita rencanakan right issue akan dilakukan pada Desember nanti atau tahun depan. Penasihat keuangan kita gunakan Mandiri Sekuritas,” jelasnya.

Diharapkan dari right issue tersebut akan didapatkan dana segar sebesar 300 juta dollar AS. “Dana tersebut bisa menutup belanja modal tahun ini sebesar 600 juta dollar AS. Soalnya kita baru close mendapatkan hutang dari sindikasi BNI sebesar 1,6 triliun rupiah,” jelasnya.

Penyerapan dari belanja modal sendiri, ungkap Hasnul, telah mencapai 100 persen seiring telah dibangunnya sekitar 18.128 BTS.

“Rencananya tahun depan XL akan menambah frekuensi 3G sebesar 5 Mhz dengan belanja modal 2010. Penambahan ini untuk mengantisipasi naiknya pengguna akses data,” katanya.

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  memproyeksikan pendapatan konsolidasi pada 2009 hanya tumbuh sekitar 5 persen.

Hingga September 2009 jumlah pelanggan seluler telah mencapai 84 juta nomor, meningkat tajam dibanding akhir tahun 2008 sekitar 65,3 juta nomor.

Sedangkan untuk anak usahanya,  PT Telkomsel, pendapatannya diprediksi akan tumbuh sekitar 6,8 persen dibanding pendapatan tahun 2008.

Pertumbuhan pendapatan Telkomsel lebih rendah dibanding pertumbuhan pelanggan karena kecenderungan penurunan rata-rata penggunaan seluler pelanggan (ARPU) per bulan.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s