061009 Tiga Operator Kembangkan Inovasi Layanan

JAKARTA—Tiga operator seluler mengeluarkan inovasi baru untuk memperatahankan pelanggan yang didapatnya.

Ketiga operator itu adalah Indosat dengan Utones, XL melalui layanan BlackBerry harian seharga dua ribu rupiah untuk registrasi pertama, dan Mobile-8 yang menggandeng Yahoo untuk mobile chatting.

Chief Marketing Officer Indosat Guntur S Siboro menjelaskan Utones adalah  layanan berbasis aplikasi   berbentuk tampilan visual dalam format GIF animation yang akan muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan (SMS) atau panggilan telepon masuk (Incoming Call), yang berbarengan dengan nama atau nomor telepon pemanggil.

Layanan ini merupakan media baru untuk i-klan (Mobile Advertising), melengkapi media mobile advertising yang telah dimiliki oleh Indosat, seperti text messaging (SMS), MMS dan WAP.

Dijelaskannya, media beriklan melalui ponsel atau mobile advertising di beberapa negara saat ini sudah mulai digemari karena lebih praktis dan tepat sasaran. “Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan. Pemasang iklan bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan spesifikasi kriteria pelanggan yang diinginkan, misalnya berdasarkan umur, pendidikan atau jenis kelamin tertentu,” katanya di Jakarta belum lama ini.

Sedangkan VP Direct Sales XL Djunaedi Hermawanto menjelaskan, hadirnya tarif harian paling murah di industri.  “Program promo ini berlaku mulai 1 Oktober – 31 Desember 2009,” katanya.

Saat ini XL memiliki jumlah pelanggan BlackBerry terbesar di Indonesia yang mencapai lebih dari 160 ribu pelanggan. Seiiring dengan peningkatan jumlah pelanggan XL secara berkala juga meningkatkan kualitas layanannya melalui peningkatan kapasitas bandwidth (kini mencapai 90 Mbps dan akan terus di tingkatkan).

Pada kesempatan lain, , Direktur Sales & Marketing  Mobile-8 Telecom   Beydra Yendi mengatakan, belum lama ini berhasil menggandeng Yahoo untuk   layanan Yahoo Instant Messenger .

“Layanan nilai tambah seperti Yahoo Messenger atau yang lebih di kenal dengan YM ini berperan untuk mendukung dan memperkaya gaya hidup dari pelanggan kami yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Kami gembira menjadi operator CDMA pertama yang memberikan layanan ini di Indonesia. Kami yakin bahwa layanan ini akan sangat menarik bagi masyarakat, khususnya pelanggan kami karena kemudahan dalam penggunaannya serta harganya yang sangat terjangkau.” Ucapnya.

Yahoo Messenger adalah aplikasi layanan chatting yang mudah dan praktis yang memungkinkan para pengguna menggunakannya dari PC atau ponselnya masing-masing. Setelah sign in melalui proses yang sangat sederhana, pelanggan tetap dapat on line meski tidak berada di depan komputer.

Mobile-8 menyediakan akses mudah bagi para pelanggannya untuk berlangganan aplikasi Yahoo Messenger pada ponsel mereka dengan hanya mengetik SMS yang berisi ‘Yahoo’ dan mengirimkannya ke nomor 123. Mobile-8 menawarkan tariff yang sangat terjangkau untuk berlangganan yaitu Rp 2500,- untuk menikmati pemakaian tidak terbatas (unlimited) dari Yahoo Messenger selama periode  satu minggu.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s