061009 Telkomsel Didesak Kembalikan Bandwitdh

JAKARTA—Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mendesak  Telkomsel mengembalikan bandwitdh layanan mobile broadband Flash sesuai perjanjian awal dengan para pelanggannya.

“Solusinya sebenarnya sangat mudah. Pengembalian bisa dilakukan dengan menambahkan kuota yang terpangkas di bulan selanjutnya atau memberikan insentif lain, seperti yang dilakukan operator lain jika layanannya bermasalah,” ujar anggota BRTI Heru Sutadi kepada Koran Jakarta, belum lama ini.

Dijelaskannya, regulator akan melihat terlebih dahulu langkah Telkomsel dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno yang juga Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), tambah Heru, dalam berbagai kesempatan menginginkan industri menyelesaikan sendiri dulu setiap ada masalah dengan pelanggan. “Nah, sekarang waktunya bagi beliau untuk membuktikan ucapannya,” tegasnya.

Dikatakannya, BRTI   berencana memanggil Telkomsel dan lembaga yang mewakili konsumen untuk menyelesaikan masalah pemangkasan kuota bandwidth layanan internet Telkomsel Flash.

Heru berharap Telkomsel bisa menyelesaikan masalah ini dengan para pelanggan terlebih dahulu sebelum dilakukan klarifikasi pekan depan.

“Kami belum memperoleh laporan resmi dari para konsumen maupun lembaga yang mewakilinya, namun tetap akan ada tindaklanjut dari permasalahan ini,” ujarnya.

Heru pun mendesak, jika memang ada lembaga konsumen yang ingin melakukan somasi ke Telkomsel untuk konsisten berjuang. “Saya catat lembaga yang sama sudah dua kali mensomasi Telkomsel. Hasilnya apa? Kenapa tidak ada transparansi ke publik,” katanya.

Telkomsel mulai menurunkan kuota bandwidth untuk layanan internet Telkomsel Flash miliknya mulai 1 September lalu, namun penjelasan resmi baru disampaikan dua pekan setelahnya.

Pemberlakukan ini didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash, di mana 60 persen rata-rata menggunakan data 500 MB per bulan.

Telkomsel menyebutkan untuk Paket Basic, pelanggan diberi kuota 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps dan Paket Advance 1 GB kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro kecepatan maksimum 3,6 Mbps untuk 2 GB. Sebelumnya, kuota yang diberikan di ketiga paket tersebut dipukul rata 2 GB.

Pelanggan Telkomsel Flash kini berjumlah 1,2 juta atau meningkat 500% dibandingkan dengan akhir 2008 lalu. Telkomsel mengklaim telah menghadirkan bandwidth dengan kapasitas yang mampu melayani tiga juta pelanggan Flash hingga akhir tahun ini.

Dirut Telkomsel Sarwoto Armosutarno mengungkapkan Telkomsel dengan senang hati akan memenuhi dan menjelaskan hak dan kewajiban operator dan konsumen dalam layanan mobile broadband Flash kepada regulator dan masyarakat agar semuanya jelas dan dapat dipakai untuk referensi industri.

“Banyak aspek layanan broadband yang belum dimengerti masyarakat. Telkomsel berprinsip Indonesia harus didorong ke arah penggunaan layanan broadband yang produktif dan sustainabel untuk perkembangan ekonomi kreatif,” tuturnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s