061009 NSN Luncurkan Son Plug and Play

JAKARTA—Penyedia jaringan Nokia Siemens Networks (NSN)  meluncurkan inovasi SON (Self Organizing Network) Plug and Play untuk 2G, 3G dan LTE.  Fitur baru tersebut  dalam Nokia Siemens Networks Self Organizing Networks (SON) Suite tersebut, akan meningkatkan kualitas penggelaran jaringan mobile broadband dan mempercepat hadirnya layanan di pasar.

“SON Plug and Play baru memperkenalkan tingkat kualitas baru dalam proses penggelaran jaringan, sehingga penggelaran jaringan menjadi lebih sederhana dan lebih cepat,” ujar    Head of Wireless Access Product Management, Radio Access, Nokia Siemens Networks Tommi Uitto dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin  (5/10).

Menurut dia, fitur tersebut memungkinkan   konfigurasi BTS dapat dilakukan hanya dengan terhubung ke transmisi jaringan. Flexi Base Station Multiradio akan secara otomatis terkoneksi ke  jaringan dengan interaksi manusia yang lebih sedikit.

Dikatakannya, fitur ini secara otomatis membuat parameter yang tepat pada pemasangan BTS sehingga kualitas jaringan akan meningkat dan penggelaran jaringan dapat dilakukan secara lebih efisien dan lebih cepat karena pekerjaan manual dan kunjungan ke situs menjadi berkurang.

“Fitur ini akan tersedia  HSPA / HSPA + pada Kuartal-4 2009, dan untuk GSM & LTE akan tersedia pada tahun depan,” jelasnya.

Sebelumnya, NSN telah berhasil mendemonstrasikan panggilan LTE dengan menggunakan rilis software yang standar dan BTS komersial. Implementasi pertama layanan LTE diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun ini dengan penggelaran jaringan komersial secara besar-besaran pada awal 2010. Kini, NSN telah mengirim hardware Flexi Base station yang kompatibel dengan LTE ke lebih dari 80 operator.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s