021009 Layanan Telkom Grup Berangsur Pulih

JAKARTA–Layanan telekomunikasi milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berangsur pulih asca gempa dahsyat berkekuatan 7,6 Skala Richter yang terjadi Rabu sore (30/9) di Sumatera Barat

Telkom grup memberikan layanan Fixed Wireless Access (FWA) melalui Flexi,  telepon kabel, dan seluler melalui Telkomsel.

“Meskipun beberapa gedung kantor Telkom, termasuk Gedung STO Padang, STO Sungai Limau (Pariaman) dan STO Balai Salasa (Painan) rusak parah. Tetapi kita berhasil recovery,” ujar VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia di Jakarta, Kamis (1/10).

Diungkapkannya, terkait kondisi terakhir fasilitas telekomunikasi Telkom di Sumatera Barat, jelasnya,  jaringan telepon kabel di Sumatera Barat bisa digunakan, meski terjadi lonjakan traffic komunikasi sehingga kemungkinan masyarakat masih agak kesulitan menghubungi nomor-nomor telepon di kawasan Sumatera Barat”.

Selain trafik yang cukup padat, saat ini penduduk Sumatera Barat lebih memilih berada di luar rumah, sehingga mungkin sulit dihubungi. Gedung STO Padang rusak parah, alat-alat produksi beroperasi dengan baterai dan sedang dalam proses pengalihan kepada genset

“Genset belum bisa segera dioperasikan  karena  perkabelan listrik banyak yg rusak dan dikhawatirkan terjadi korsleting listrik. Teknisi kami di lapangan saat ini sedang bekerja keras untuk mengaktifkan genset” jelas Eddy Kurnia. Kondisi  kota Padang sendiri hingga tadi malam gelap total.Telkom berharap bisa segera mengatasi permasalahan listrik tersebut, karena dikhawatirkan alat produksi Telkom akan terputus bila tidak segera datang pasokan listrik dari PLN.

Kamis pagi ini 42  dari 90 BTS Flexi  di Sumatera Barat dalam keadaan down, karena catu daya hanya bisa bertahan enam jam, sedangkan tidak semua BTS bisa tercover semua oleh genset.

Sementara di Kota Padang dari 25 BTS yang ada 20 BTS belum bisa berfungsi, dan BTS lainnya yang berada di sekitar kota Padang, sebanyak 22 BTS tidak berfungsi, sedangkan 65 BTS masih berfungsi.

Untuk layanan mobile seluler (Telkomsel), karena jangkauannya yang luas dan kebetulan mengena pada jaringan inti transmisinya, membutuhkan effort yang besar untuk menormalkan. “Tim teknis Telkomsel saat ini sedang mengupayakan agar dalam enam jam ke depan layanan berangsur-angsur baik meski soal catuan listrik menjadi kendala yang tidak mudah juga untuk mengatasinya,” ujarnya.

Kesulitan lain yang dihadapi Telkom di Sumbar, selain pasokan listrik adalah kondisi kantor yang rusak parah sehingga tidak bisa digunakan sebagai lokasi kerja, seperti Gedung Kandatel Padang yang rusak parah.

Ia menjelaskan bangunan Kantor Telkom Padang yang berlokasi di Jalan KHA Dahlan, Padang mengalami kerusakan berat sehingga mengganggu aktivitas petugas Telkom. “Kami akan berupaya secepatnya memulihkan jaringan atau minimal membantu penggunaan sistem alternatif agar hubungan komunikasi bisa digunakan secara normal,” katanya.

Untuk diketahui, sesaat telah terjadi gempa, komunikasi milik Telkom grup mendapatkan masalah. Pemicunya karena kerusakan infrastruktur dan lonjakan trafik. Layanan Flexi mulai bisa digunakan menjelang Rabu tengah malam, sedangkan Telkomsel hingga sekarang masih ngadat.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s