170909 Telkomsel Realisasikan Hutang Rp 2,3 triliun

JAKARTA—PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) akhirnya berhasil merealisasikan hutang yang didapat dari dua bank lokal dan perwakilan asing sebesar 2,3 triliun rupiah pada minggu ini.

“Kami baru saja menandatangani dengan BII dan ANZ pada minggu ini. sedangkan minggu lalu dengan BRI,” ungkap Direktur Keuangan Telkomsel Tri Wahyu Sari di Jakarta, Rabu (16/9).

Dijelaskannya, ANZ berkomitmen untukmeberikan hutang sebesar satu triliun rupiah, BRI sebesar 800 miliar rupiah, dan BII 500 miliar rupiah.

“Angkanya masih dalam kisaran yang kita inginkan yakni sebesar dua hingga tiga triliun. Total yang kami dapatkan 2,3 triliun rupiah,” jelasnya.

Menurut Tri, menurunnya besaran pinjaman dari dua bank lokal karena terbentur aturan batasan pinjaman. “Tetapi itu tidak masalah. Bunganya masih lebih kurang 3 persen diatas  Jakarta Inter Bank Offered Rates (Jibor),” jelasnya.

Berkaitan dengan rencana  pendanaan    sebesar 900 juta dolar AS dari perusahaan di tiga negara yaitu China, Swedia dan Finlandia yang  tergabung dalam konsorsium Export Credit Agency (ECA), Tri mengatakan, sedang dilakukan pengajian terus menerus dan menunggu persetujuan Tim Koordinasi Pinjaman Luar Negeri (TKPLN).

Pembiayaan itu akan melibatkan enam penasehat keuangan sebagai arranger yaitu Deutsche Bank, HSBC, ICBC, Bank of China, China  Development bank (CDB), dan BNP Paribas.

“Rencananya dana dari ECA untuk pemenuhana modal triwulan ketiga 2010,” katanya.

Sebelumnya, Telkomsel mengungkapkan akan mencari pinjaman sebesar dua hingga tiga trilun rupiah dari bank lokal dan perwakilan bank asing untuk  memenuhi belanja modal perseroan tahun ini sebesar 1,3 miliar dollar AS.

Pinjaman ini diluar  realisasi  bulan Juli lalu  senilai 4 triliun rupiah dari sindikasi bank lokal yang dipimpin Bank BNI. Adapun anggota konsorsium meliputi Bank Mandiri, Citibank, dan BCA. Utang tersebut berjangka waktu 5 tahun dan sudah termasuk grace period selama 1 tahun.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s