170909 Telkom Buka Tender Perangkat BWA 3,3 GHz

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  akan menggelar tender pengadaan perangkat jaringan broadband wireless access (BWA) di spektrum 3,3 GHz awal Oktober 2009 ini.

“Kami harap Desember sudah selesai dan bisa langsung dikomersialisasikan ,” ujar  Direktur Network Solution Telkom Ermady Dahlan  di Jakarta, Rabu (16/9).

Dijelaskannya, Telkom rencananya akan lebih dulu menggelar akses jaringan layanan internet berbasis teknologi pita lebar itu di Jakarta, setelah itu   diikuti area lainnya di Indonesia .

Telkom memiliki lisensi 3,3 GHz di tujuh area pindahan dari 3,5 GHz. Selain spektrum itu, Telkom juga memenangkan lisensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz di lima area di Indonesia. Di 3,3 GHz, Telkom memiliki 4000 port dengan delapan kanal dan lebar pita 12,5 MHz.

“Saat ini sudah ada perusahaan lokal yang menyatakan ingin ikut tender perangkat tersebut, yakni TRG dan Hariff. Mereka mampu memenuhi 75 persen konten lokal dari sisi hardware dan software,” tandas Ermady.

Secara terpisah, Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Iwan Krisnandi menegaskan, akan memonitor proses migrasi di spekturm 3,3 GHz yang dilakukan Telkom dan Indosat.

“Itu ada keputusan menterinya. Kita akan monitor prosesnya agar sesua regulasi,” tegasnya.

Secara terpisah,   Div. Head Core Product & Branding Smart Telecom Ruby Hermanto mengungkapkan, sudah melakukan ekspansi layanan internet berbasis teknologi EVDO Rev A di    Bandung , Yogyakarta, Bali dan Surabaya dengan  kemampuan kecepatan maksimum download 3.1Mbps and upload 1.8 Mbps.

Untuk merasakan internet cepat ini, Smart menyediakan beberapa alternatif pilihan produk untuk mendukung layanan data yang dapat digunakan pelanggan yaitu Smart menawarkan paket Netbook dengan ukuran yang kecil (layar 10.2 inchi), ringan dan  sudah memiliki modem  CDMA 1 x EVDO Rev A  didalamnya.

Selain paket Netbook, Smart menawarkan paket Smart USB modem  CDMA2000 1x EVDO RevA USB Modem keluaran ZTE ini memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Kemudahan penggunaannya (Easy Plug and Play) memungkinkan pelanggan cukup menghubungkan USB modem dengan laptop atau komputer miliknya dan secara otomatis proses instalasinya akan berjalan. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s