140909 Pemerintah Jamin Pasokan BBM untuk Mudik Aman

JAKARTA—Pemerintah menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mudik lebaran tahun ini aman.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Evita Legowo mengungkapkan, telah disiapkan BBM untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan saat musim mudik Lebaran 2009 sebesar 3.929.557 kilo liter.

“Pasokan BBM tersebut diperkirakan mampu menjamin ketahanan bahan bakar selama 23,9 hari.” katanya di Jakarta, Jumat lalu.
Diungkapkannya, Pertamina telah menyiapkan sebanyak 50 kantung khusus BBM di sejumlah tempat mulai dari Lampung, Banten, Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan Jatim.
Selain itu, juga disediakan sebanyak 16 SPBU yang tangki isi solarnya diganti isi premium. Sementara di sepanjang Jawa dan Lampung akan disediakan sebanyak 95 SPBU transit.
“Kita fokus di premium karen pemudik umumnya menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin (premium),” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pertamina akan menyiapkan premium sebanyak 1.150.057 kilo liter dengan ketahanan pasokan selama 19 hari, sedangkan solar disiapkan sebesar 1.149.529 kilo liter dengan tingkat ketahanan 22,7 hari.
Selain solar dan premium, Pertamina juga telah mempersiapkan minyak tanah bagi masyarakat sebanyak 549 ribu kilo liter, avtur (bahan bakar pesawat) 289 kiloliter, minyak diesel 49.575 kilo liter, minyak bakar 343.166 kilo, Pertamax sebanyak 34.466 kilo liter dan Pertamax Plus 19.171 kilo liter.
Diharapkannya, besarnya pasokan BBM tersebut bisa menanggulangi kelangkaan BBM yang pada waktu-waktu sebelumnya pernah terjadi.
Sementara itu, Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jalur mudik baik angkutan darat, penyeberangan, laut dan udara.

Sebanyak 27,25 juta pemudik diperkirakan akan memenuhi jalanan selama musim mudik Lebaran. Sebanyak 16,25 juta diantaranya adalah pemudik yang menggunakan angkutan darat.
Dijelaskannya, untuk keperluan itu telah disiapkan sebanyak 34.358 angkutan umum, 119 kapal penyeberangan, 725 kapal laut, 276 pesawat udara dan 227 rangkaian kereta api.

“Semua moda transportasi itu memiliki total kapasitas sebesar 36,4 juta tempat duduk. Kapasitas lebih banyak dari jumlah pemudik, jadi diharapkan semua pemudik bisa terangkut,” tuturnya.
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengatakan, pada jalur darat, bila pada Lebaran sebelumnya dikonsentrasikan di Pulau Jawa dan Sumatera, Lebaran nanti Sulawesi juga menjadi fokus utama, terutama di Sulawesi Selatan (Sulsel).[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s