250809 Pemerintah Fasilitasi Kehadiran Pelaku Usaha di Matta

JAKARTA– Pemerintah siap memfasilitasi pelaku pariwisata Indonesia dalam Malaysian Tour and Travel (Matta) Fair 2009 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 4 – 6 September 2009 guna menjaring wisatawan mancanegara dari negara jiran tersebut.

Direktur Promosi Internasional, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, I Gde Pitana mengungkapan, selama ini
Malaysia merupakan negara kedua terbesar setelah Singapura yang menyumbangkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia dari tahun ke tahun.

Pada 2008, jumlah wisman asal Malaysia yang melancong ke Indonesia mencapai 818 ribu pengunjung sepanjang tahun itu.

“Tahun depan Depbudpar mematok target jumlah kunjungan wisman asal Malaysia yang berwisata ke Indonesia sekurang-kurangnya mencapai 1-1,2 juta,” ujarnya di Jakarta, Senin (24/8).

Diharapkannya, hadirnya pelaku usaha pariwisata di ajang Matta dapat mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia.

“Inilah alasan kami siap memfasilitasi pelaku pariwisata yang ingin berpameran di Matta Fair 2009,” katanya.

Diungkapkannya, lembaganya telah  menyiapkan lahan seluas 180 m2 khusus untuk sejumlah gerai pelaku pariwisata dari Indonesia dalam ajang promosi wisata terbesar di Malaysia itu.

Dikatakannya, pelaku pariwisata dari tanah air yang menyatakan ingin turut berpartisipasi dalam Matta Fair 2009 sudah mencapai 90 persen dari kuota.”Dari lahan yang kami sediakan 180 m2 sudah sebanyak 90 persen terisi,” katanya.

Matta Fair 2009 merupakan ajang promosi wisata yang digelar pemerintah kerajaan Malaysia secara rutin. Kegiatan itu dikoordinasi langsung oleh Ministry of Tourism Malaysia (Kementrian Pelancong) Malaysia.

Acara itu merupakan salah satu gelaran akbar pariwisata yang sangat diperhitungkan di kawasan Asia Pasifik mengingat jumlah pengunjung mencapai 10.000 orang per hari dari berbagai etnis.

Matta Fair dari tahun ke tahun diikuti oleh pelaku pariwisata dari berbagai negara di Asia Pasifik mulai dari China hingga Australia.
[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s