250809 Pelni Siapkan 28 Kapal

JAKARTA–PT Pelayaran Indonesia (Pelni) menyiapkan 28 armadanya untuk menghadapi lonjakan penumpang selama musim mudik ini.

Juru bicara Pelni Edy Haryadi mengungkapkan, manajemen telah menyiapkan 28 armadanya yang terdiri dari  12 unit  kapal tipe  2000, 1 unit kapal tipe 3000, 9 unit kapal tipe 1000 serta 3 unit kapal tipe 500 dan 3 unit kapal tipe Ro-Ro ( Roll On Roll Off /ferry ) dengan total  jumlah kapasitas terpasang 45.449 kursi.

“Armada standnya dalam  masa peak season yakni dari tanggal 7 September hingga  6 Oktober 2009  ini, semua kapal siap beroperasi termasuk  KM  Dorolonda yang telah selesai dok pada bulan Juli lalu,” ujarnya di Jakarta, Senin (24/8).

Eddy memperkirakan, pada musim mudik kali ini akan terjadi peningkatan jumlah penumpang  sebesar 10 persen  atau mencapai 671.972  orang
jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Selanjutnya dikatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, untuk lebaran kali ini Pelni tidak akan menaikkan  tiket ekonomi tidak naik, misalnya untuk tiket  tujuan Jakarta-Tg Pinang  yakni Rp. 262.000/orang sedangkan untuk tujuan Jakarta – Belawan Rp. 335.000,-

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada moda darat  (kereta dan Bus) PT Pelni menawarkan alternatif yang lebih murah dan aman yakni dengan melayani penjualan tiket untuk tujuan Jakarta – Surabaya dengan harga tiket  187 ribu rupiah per orang.

Dalam rangka mengatasi lonjakan penumpang angkutan darat (Kereta Api dan Bus) untuk tujuan  Semarang, PT pelni akan menjual tiket ke Semarang  untuk keberangkatan tanggal 18 September 2009 dengan KM Sirimau.

Pesawat Udara
Pada kesempatan lain,  maskapai-maskapai penerbangan juga berniat menambah jumlah penerbangan untuk mengatasi lonjakan pemudik.

Langkah pertama dimulai oleh  Garuda Indonesia yang  mengklaim akan menyediakan sebanyak 42.000 kursi bagi para pemudik,

Setelah itu Batavia Air pun akan menyediakan sebanyak 20.000 seat untuk persiapan mudik Idul Fitri 1430 Hijriah itu.

Juru bicara Batavia Airlines, Eddy Haryanto mengatakan, pihaknya akan mengusulkan penambahan kursi kepada Departemen Perhubungan agar diberi izin penambahan.

“Permintaan menjelang Lebaran sangat besar. Kita ingin memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik,” katanya.

Rute-rute yang akan ditambah, jelasnya, adalah rute yang secara tradisional memiliki penumpang besar saat menjelang Lebaran yaitu rute dari Jakarta menuju Surabaya, Solo, Jogjakarta serta rute ke luar Jawa seperti Batam, Banjarmasin dan Makassar.

“Penambahan kursi akan dilakukan mulai tanggal 17 September hingga 20 September, karena permintaan paling banyak ditanggal itu,” ujarnya.

Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait juga merasakan peningkatan permintaan penumpang sangat besar. “Ada beberapa rute penerbangan yang tiketnya sudah habis,” kata Edward.

Berapa banyaknya kursi yang akan ditambah, Edward menyatakan belum tahu.  Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan seberapa banyak kebutuhan penambahan kursi. “Nanti akan diusulkan, toh permintaannya melonjak pada dua pekan sebelum Lebaran,” ujarnya

Sementara itu,  Sriwijaya Air berencana menambah frekuensi penerbangan ke tiga kota di Jawa selama periode angkutan Lebaran 2009.

Manajer Humas Sriwijaya Air Ruth Hanna Simatupang mengatakan ketiga kota yang akan ditambah frekuensi penerbangannya adalah Jakarta–Solo, Jakarta–Semarang dan Jakarta–Surabaya.

“Kemungkinan yang akan ditambah adalah rute ke Jawa Tengah seperti Solo, Semarang dan Surabaya Jawa Timur,” katanya.

Menurut dia, pihaknya tidak menambah penerbangan ke rute Jakarta–Makassar karena saat ini maskapainya melayani hingga lima kali per hari.

Selain itu, lanjut Hanna, pihaknya juga tidak menambah penerbangan ke Medan dan Padang karena telah dilayani tiga kali per hari dan dua kali per hari. “Rute yang lain dirasa mencukupi,” paparnya.

Arus penumpang selama masa angkutan Lebaran tahun ini diproyeksikan 1,63 juta orang atau naik 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Departemen Perhubungan memastikan kapasitas penerbangan selama periode angkutan Lebaran tahun ini mencukupi dengan jumlah 2,28 juta tempat duduk. Kepastian itu diperoleh setelah maskapai nasional menyiapkan 276 unit pesawat untuk melayani pemudik yang menggunakan angkutan udara.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s