250809 Depkominfo Keluarkan Regulasi IPTV

JAKARTA–Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) akhirnya mengeluarkan regulasi yang mengatur jasa Internet Protocol TV (IPTV) pada 19 Agustus lalu.

Regulasi tersebut dibungkus dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 30/PER/ M.KOMINFO/8/2009  tentang Penyelenggaraan Layanan Televisi Protokol Internet (IPTV).

IPTV adalah teknologi yang menyediakan layanan konvergen dalam bentuk siaran radio dan televisi, video, audio, teks, grafik, dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan protokol internet yang dijamin kualitas layanannya, keamanannya, kehandalannya, sehingga mampu memberikan layanan komunikasi dengan pelanggan secara dua arah atau interaktif dan real time dengan menggunakan televisi standar.

“Regulasi ini keluar untuk mengakomodasi dinamika teknologi dan bisnis,” ujar juru bicara Depkominfo Gatot S Dewo Broto kepada Koran Jakarta, Senin (24/8).

Diungkapkannya, bagi operator yang ingin menyelenggarakan jasa IPTV diwajibkan membentuk konsorsium yang terdiri atas penyedia jaringan, penyiaran, dan konten. “Kami pun mewajibkan penyelenggara untuk memenuhi konten lokal agar industri kreatif berkembang,” katanya.

Secara terpisah, VP  Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia menyambut gembira hadirnya regulasi tersebut.

“Telkom akan secepat mungkin menggelar layanan ini. Kami sudah melakukan uji coba di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar dengan hasil yang memuaskan,” katanya.

Eddy mengharapkan, IPTV mampu meningkatkan pendapatan dari telepon kabelnya yang cenderung menurun. “Adanya IPTV akan membuat 8,7 juta pelanggan telepon kabel memiliki layanan yang lebih bervariasi seperti IPTV dan akses internet,” jelasnya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s