180809 Penumpang Gunakan KA Diprediksi Naik 10 Persen

JAKARTA–Jumlah pemudik yang menggunakan kereta api (KA) melalui area layanan PT Kereta Api Daerah Operasi I (Daops I) diperkiarakan mencapai 846 ribu penumpang atau naik 10 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Kahumas Daop I Sugeng Priyono memperkirakan,  puncak keberangkatan penumpang akan padat di H-3 Idul Fitri dimana hampir seluruh karyawan sudah memeroleh cuti bersama untuk libur lebaran yang jatuh pada 22 September mendatang.

“Kami menetapkan bahwa angkutan lebaran 2009 dimulai 11 September sampai dengan dua Oktober 2009 atau selama 22 hari,” ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sugeng menyarankan,  masyarakat luas yang berencana mudik di libur lebaran nanti sudah bisa mulai membeli tiket kelas komersial sejak H-30 atau bisa dimulai sejak 21 Agustus mendatang.“Pembelian tiket bisa dilakukan dengan online baik di agen-agen maupun di stasiun. Calon penumpang juga bisa membeli lewat ATM (anjungan tunai mandiri),” jelasnya.

Sugeng mengemukakan bahwa pihaknya sudah merencanakan stamformasi untuk angkutan lebaran diantaranya kelas eksekutif sebanyak 201 gerbong, bisnis 147, dan ekonomi 106 disesuaikan dengan daya tarik lokomotif.“Kami juga sudah siap mengusulkan tambahan 14 perjalanan KA lebaran bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Dikatakannya, perjalanan KA reguler untuk tujuan Bandung sebanyak 13, Solo empat, Yogya lima, Surabaya tujuh, Semarang tujuh, Purwokerto /Kutuarjo enam, Cirebon tujuh, Malang dua, Jombang satu dan Kediri satu.

Tak hanya KA penumpang, menurut rencana seperti yang sudah direalisasikan pada tahun lalu, PT KA juga akan kembali memberangkatkan KA untuk angkutan khusus motor yang akan disandingkan dengan KA penumpang sehingga bagi pengguna motor bisa melanjutkan perjalanannya setelah tiba di stasiun tujuan.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s