180809 Konsorsium Slot 150,5 Derajat BT Segera Tandatangani MOU

JAKARTA—inisiator pengelola slot orbit satelit 150.5 ° Bujur Timur (BT), Telkom dan Indosat, berjanji segera melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama pada triwulan ketiga tahun ini.

“Sudah terjadi pembicaraan yang intensif untuk menggarap slot orbit tersebut. Kuartal ketiga tahun ini akan masuk pada tahap memorandum of understanding (MoU),” ungkap Group Head Satellite and Submarine Cable Indosat, Prastowo M Wibowo, di Jakarta belum lama ini.

Menurut dia, kedua inisiator masih membuka diri kepada pihak lain untuk ikut serta mengelola slot orbit tersebut. “Jika kami berdua saja, tentunya akan 50:50. Namun, jika ada peminat lainnya, porsi Indosat akan berkurang, sedangkan Telkom tetap 50 persen,” ujarnnya.

Dijelaskannya, Indosat akan memanfaatkan   slot orbit satelit tersebut  sebagai seluler backhaul dan komunikasi data, khususnya di remote area seperti untuk kebutuhan perusahaan minyak, gas, dan pertambangan.

Secara terpisah, juru bicara Telkom Eddy Kurnia mengaku telah terjadi pembicaraan dengan Indosat dalam mengelola slot 150,5° BT. “Telkom tetap akan menggunakan setengah kapasitas yang tersedia,” katanya.
Untuk diketahui, slot orbit satelit 150,5º  dititipkan   oleh pemerintah kepada Telkom dan Indosat sejak dua tahun lalu. Slot ini sempat hilang dari filling  International Telecommunication Union (ITU) karena tidak ada aktifitas dari Indonesia mengelola slot tersebut.

Indosat sendiri pada akhir Agustus ini  akan meluncurkan  Satelit Palapa D yang   akan menjadi tulang punggung jaringannya.  Layanan dari satelit yang menghabiskan investasi 230 juta dollar AS  antara lain adalah Transponder Lease untuk layanan broadcasting dan cellular backhaul sebagai basic service, VSAT service, DigiBouquet dan Telecast Service sebagai nilai tambah yang semuanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan korporasi dalam komunikasi data dan broadcasting.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s