110809 Telkom Andalkan ODP

JAKARTA— Telkom mengembangkan inovasi On Device Program (ODP) guna mengakali keterbatasan kanal yang dimilikinya di spektrum 800 MHz bagi layanan data Fixed Wireless Access (FWA) Flexi.

Saat ini Telkom memiliki dua kanal di frekeunsi tersebut. ODP adalah inovasi membenamkan konten pada ponsel secara langsung sehingga bisa berhubungan dengan server milik Telkom. Konsep ini tidak membutuhkan kanal yang besar mengingat pengguna tidak perlu menarik data.

“Keuntungan lain dari konsep ini adalah jika SIM Card ditarik dari ponsel dan dipindahkan ke ponsel non Flexi, maka konten tidak bisa diakses,” ujar Deputy Executive General Manager Divisi Flexi Judi Achamdi di Jakarta, Senin (10/8).

Direktur Konsumer Telkom I Nyoman Wiryanata menambahkan, Telkom harus melindungi konten yang dimilikinya seiring dengan strategi perseroan yang ingin meningkatkan kualitas pendapatan dari pelanggan.

“Saat ini Flexi digunakan oleh 13,8 juta pelanggan. Sebanyak 650 ribu merupakan pelanggan komunitas yang rajin mengakses konten. Ini harus dipelihara agar ARPU tetap stabil,” katanya.

Diungkapkannya, segmen komunitas lain yang sedang digarap Telkom saat ini adalah umat muslim yang akan menunaikan ibadah puasa. “Kami menggandeng empat vendor ponsel yakni Nexian, Haier, ZTE, dan Huawei yang menghadirkan konten nuansa islami, seperti Quran Mobile, Hadits, zakat, infaq, ringtone, beserta aplikasi islami lainnya,” katanya.

Diharapkannya, ponsel yang menjual konten muslim tersebut akan digunakan sekitar 100 hingga 200 ribu pelanggan. Sedangkan untuk tahap pertama disediakan 20 ribu unit ponsel muslim.

“Target kami hingga akhir tahun pelanggan Flexi berjumlah 14,7 hingga 15,7 juta nomor. Memang kecil penambahannya, tetapi akan digenjot pendapatan dari pelanggannya,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s